Goro Massal Sambil Sosialisasi Sensus Penduduk Daring

0
205
GORO sambil sosialisasi Sensus Penduduk 2020.

BATAM- Warga yang tinggal Perumahan Cahaya Garden (CG) Tahap II RT 03 dan 04 Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong menggelar gotong royong massal, membersihkan fasilitas umum (Fasum), Minggu (15/3).

Uniknya, saat istirahat minum dan sarapan pagi, masyarakat mendapatkan sosialisasi tentang sensus penduduk berbasis online yang permudah dan mempersingkat waktu pendataan warga. Sosialisasi dilakukan oleh Ketua RW 16 Kelurahan Sadai bersama dengan perangkat RT 03 dan 04 CG 2 Bengkong Kolam.

Sensus penduduk sistem online sudah dilaksanakan sejak 15 Februari dan akan berakhir 31 Maret.

”Terima kasih ibu dan bapak, telah hadiri goro. Sambil minum dan makan, saya akan mengsosialisasikan sensus penduduk sistem online. Tolong diperhatikan sebentar,” kata Ketua RT 16 Kelurahan Sadai, Sigit Naharudin, kemarin.

Baca Juga :  KPU Batam Uji Coba Situng

Kata Sigit, masyarakat Kelurahan Sadai, merupakan kelurahan yang masih minim melakukan pendaftaran sensus penduduk sistem online. Sedangkan kelurahan lainnya sudah lebih baik.

”Tolong warga kami, perhatikan soal sensus penduduk ini. Tolong diikuti aturan yang sudah ada. Bisa mendaftarkan keluarganya memakain hape atau komputer di rumah,” ajak Sigit.

Kata Sigit, ini sangat bagus, karena sensus penduduk ini dilakukan per 10 tahun sekali. Dan dengan adanya metode berbasis online untuk pelaksanaan sensus ini juga sangat memudahkan dan memancing partisipasi warga.

Baca Juga :  Buruh Batam Minta Penetapan UMS

Dirinya mencontohkan saat lakukan penginputan data, tidak membutuhkan waktu lama proses sensus penduduk telah selesai dilakukan. Ia minta saat akan menginput data keluarga, yang perlu dibutuhkan hanya pakai KK (Kartu Keluarga).

Kata Pak RW, sensus yang sekarang lebih cepet enggak perlu repot-repot, ya sangat diberikan kemudahan. Ia juga minta agar warga saat input data sensus penduduk online tersebut, agar dilakukan dengan hatihati. Agar tidak terjadi kesalahan dalam penyimpanan data secara permanen.

”Jadi disimpan sementara jika memang belum selesai input datanya. Karena saat sudah dikirim data tidak bisa diubah lagi,” jelasnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Menolak, Gubernur Malah Setuju

Kemudian, goro dilanjutkan membersihkan fasum untuk dijadikan tempat parkir. Goro kali ini hampir diikuti seluruh warga yang tinggal di CG 2.

”Ini momoen yang indah, di hari Minggu kita berkumpul bersama-sama, bergotong royong membersikan fasum untuk dijadikan parkir kendaraan. Dan, sekaligus sosialisasi sensus penduduk sistem online,” ujarnya. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here