Gubernur Minta Daerah Persiapkan Atlet Porprov

0
1523
PENYERAHAN PIALA: Gubernur Kepri menyerahkan piala kepada Ketua KNPI Kepri, Teddy Jun Askara dalam kejuaraan KNPI Kepri Cup.f-dokumen/tanjungpinang pos

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Nurdin Basirun, mengklaim kalau Pemerintah Kota Tanjugnpinang sudah siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri 2018. Ia minta masing-masing daerah di Kepri supaya mulai mempersiapkan atlet terbaiknya.

TANJUNGPINANG – Tak ada alasan, Tanjungpinang tidak siap jadi tuan rumah. Karena sudah pernah menjadi tuan rumah Porprov pertama 2006 lalu. ”Nanti kita bantu Kota Tanjungpinang, yang mana yang kurang. Dulu Karimun begitu juga saat jadi tuan rumah Porprov 2014 lalu. Kita dibantu Pemprov Kepri. Sekarang saya akan bantun Kota Tanjungpinang menyediakan sarana dan prasana olahraga yang belum memadai,” kata H Nurdin Basirun, belum lama ini.

Mantan Bupati Karimun ini, melihat Porprov adalah event sangat bergengsi di Kepri. Karena, masing-masing daerah ingin berlomba keluar terbaik. Porprov juga ajang untuk melihat sejauh mana kabupaten/kota melakukan pembinaan selama empat tahun terakhir. Ia juga minta jangan sampai, kabupaten/kota mengambil atlet dari luar daerah. Karena, ini akan merugikan prestasi atlet dari Kepri sendiri. ”Tanjungpinang saya lihat sudah siap jadi tuan rumah. Koordinasi KONI Kota dan KONI Kepri terus dilakukan,” bebernya.

Baca Juga :  Enam Oknum Polisi Dikirim ke Rutan

Sementara itu, Ketua KONI Tanjungpinang, H Adnan mengatakan hasil rapat dengan KONI Kepri, satu minggu lalu di Kantor KONI Kepri di Batam, telah diputuskan, biaya pembukaan dan sewa venue milik swasta di Tanjungpinang adalah tanggungjawab PB Porprov nanti. ”Rencananya pembukaan Porprov 28 Oktober 2018, bersamaan dengan Sumpah Pemuda,” bebernya.

Kata dia, dua cabang olahraga, yakni atletik dan renang, KONI Tanjungpinang tetap minta agar tetap digelar di Tanjungpinang. Karena, beberapa daerah mengusulkan agar dua cabang ini digelar di luar Tanjungpinang. ”Kolam renang Dendan Ria Sukaberang, memang belum standar nasional. Tapi, tahun 2006 lalu, di event yang sama, cabang renang juga digelar di kolam ini,” bebernya.

Baca Juga :  Kejaksaan Terima Tiga SPDP Politik Uang

Sedangkan, lintasan atletik tetap akan digelar di Stadion Sulaiman Abdullah. Rencananya, Pemprov Kepri bersama dengan Pemko Tanjungpinang melalui KONI Kepri dan KONI Tanjungpinang, akan berupaya untuk membangun lintasan atletik tersebut. ”Namun dalam perjalanan nanti, bila di Stadion Sulaiman tidak layak dibangun lintasan atletik, maka mau tak mau cabang atletik di gelar di Batam. Ini tak ada masalah,” bebernya.

Ia juga minta kepada pengurus cabang olahraga di Tanjungpinang, terus mempersiapkan diri. Terus latihan sambil menunggu uang pembinaan untuk masing-masing cabang olahraga cair. ”Kita ingin jadi tuan rumah yang sukses dan prestasi juga sukses,” bebernya.

Baca Juga :  Dewan Minta Jalan Lingkar Ditunda

Kata dia, secara umum tempat pertandingan di Tanjungpinang sudah siap. Untuk cabang beladiri misalnya, bisa saja di gelar di TCC Mal. ”Kita ingin Tanjungpinang jadi juara umum. Paling tidak bisa runner up seperti Porprov 2006, 2010. Karena, Porprov 2014 lalu di Karimun, Tanjungpinang turun ke juara ketiga,” tegasnya.

Ia melihat kekuatan atlet di Poprov Kepri mendatang semakin ketat. Batam, masih daerah yang merupakan lumbung atlet prestasi di Kepri. Karimun, Bintan dan Tanjungpinang, termasuk Lingga, kekuatan atletnya hampir merata. ”Kita ajak masyarakat kita untuk sama-sama mengsukseskan Porprov di Tanjungpinang 2018 mendatang,” harap Adnan, juga salah satu yang gemar main bulutangkis dan tenis lapangan. (ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here