Gula Tak Boleh Dijual Melebihi HET

0
808
CEK SEMBAKO: Kepala DKUPP Bintan Dian Nusa dan PPNS Setia Kurniawan melakukan sidak sembako di satu distributor sembako di Tanjunguban, Rabu sore lalu. F-ISTIMEWA/dian nusa

BINTAN – TIGA komoditas bahan pokok yaitu gula, minyak goreng kemasan sederhana dan daging beku, dilarang menjual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Hal itu ditegaskan Pemkab Bintan melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Bintan.

Kepala DKUPP Bintan Dian Nusa menyampaikan hal itu di sela sidak di gudang milik seorang distributor sembako di Tanjunguban, Rabu (17/5) sore lalu.

”Saat ini ada kesepakatan antara pemerintah dan pengusaha dalam penetapan 3 komoditi pangan. Tiga item tersebut tidak boleh dijual di atas HET, apabila dijual di tingkat distributor atau sub distributor seperti swalayan,” kata Dian Nusa, kemarin.

Baca Juga :  NasDem Bintan Belum Menentukan Sikap

Ia menjelaskanya, untuk harga yang tidak boleh melebih HET seperti gula di harga maksimal Rp 12.500 per kilogram. Harga daging beku maksimal Rp 80 ribu per kilogram, dan harga minyak kemasan sederhana, maksimal Rp 11 ribu per liter.

”Dari 3 komoditi tersebut sampai saat ini masih dijual normal, dan belum ditemukan pelanggaran. Namun harga tersebut tidak berlaku, bila dijual di pengecer pedagang kecil. Hal ini karena jalur distribusinya pasti lebih panjang,” sebutnya.

Untuk harga sembako lainnya seperti beras bulog juga masih stabil di harga Rp 9.300 per kilogram. Hanya saja, harga jual bawang putih masih tinggi, di kisaran harga Rp 45 ribu per kilogram.

Baca Juga :  PT Singatac PHK Ratusan Karyawan

Menurut Dian Nusa, Pemkab Bintan tetap memantau ketersediaan bahan pokok, menjelang dan selama Ramadan nanti. Untuk di Bintan, saat ini hanya ada dua distributor bahan pokok.

”Dua distributor bahan pokok untuk pasokan wilayah Bintan ini, hanya ada di Tanjunguban,” kata Dian Nusa.(YENDI-AAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here