Harga Bawang Merah Masih Mahal

0
1062
SALAH satu pedagang di Kota Lama, Abdulah sedang menunjuk bawang merah yang dijualnya. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sudah satu bulan terkahir harga bawang merah di Pasar Tradisional melambung, ini dikeluhkan konsumen dan para pedagang.

Seperti diutarakan salah satu pedagang di Pasar baru Kota Lama Tanjungpinang, Abdullah bahwa semenjak harga bawang merah naik dagangnya kurang laris.

Bila biasanya dalam satu hari bisa menjual lima karung bawang merah kini hanya setengahnya. ”Kini paling banyak dalam satu hari hanya bisa menjual dua karung ukuran kecil,” katanya kepada Tanjungpinang Pos, saat dijumpai di kiosnya.

Abdullah menyebutkan, harga bawang merah India dari semula Rp 10 ribu, kini secara bertahap naik dikisaran Rp 22 sampai Rp 24 ribu per kilo. Bawang merah Jawa kisaran Rp 34 ribu.

Baca Juga :  10 Qari dan Qariah Pemenang STQ di TC

Sementara pada bawang merah Birma juga mengalami kenaikan dari Rp 16 ribu menjadi Rp 28 ribu. Untuk bawang putih masih stabil diharga Rp 25 perkilogram.

”Keniakan secara bertahap, seperti bawang merah India ini dari 10 ribu, naik Rp 15 ribu, Rp 18 ribu hingga sekarang Rp 24 ribu perkilo,” sebutnya.

Abdullah mengharapkan, harga bawang merah bisa kembali stabil seperti semula. Dengan harga murah dan terjangkau barang dagangan cepat habis.

”Kita juga tidak bisa mengambil stok banyak dari agen, takutnya bawang menjadi rusak seperti busuk dan tubuh tunas,” tuturnya.

Baca Juga :  Ketua dan Kader PKK Harus Kompak

Ini membuat pelanggan enggan membeli, meskipun bisa juga mengolah menjadi bawang goreng. Ia mengakui, meski harga bawang merah naik, para konsumen terutama ibu-ibu rumah tangga tetap membeli. Hanya saja jumlahnya yang berkurang.

Seperti diutarakan Sumirah bahwa ia tetap membeli bawang hanya saja tak begitu banyak. ”Kenaikan harga ini juga berpengaruh kepada kebutuhan sehari-hari yang biasanya membeli satu kilo kini 1/4 kilo,” sebutnya.

Menurutnya, kenaikan harga bawang merah ini juga berbadings ama dengan cabai. Kini mengalami kenaikan, untuk cabai merah kisaran Rp 58 ribu per kilo. Cabai Thailand Rp 65- Rp 70 ribu per kilo. Sedangkan cabai warit Jawa kisaran Rp 53- Rp 54 ribu per kilo. Begitu juga dengan cabai hijau mengalami kenaikan, kisaran Rp 36 – Rp 40 ribu per kilo. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here