Harga Ikan Segar Terus Meroket

0
1738
MENUNGGU: Para pedagang sedang menunggu pembeli di meja jualannya di Pasar Bestari Bintancentre (Bincen) Tanjungpinang.f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Harga ikan segar terus merangkak naik hingga Rp 10-15 ribu per kilonya. Seperti pantauan Tanjungpinang Pos, Kamis (4/1) di Pasar Bincen, Tanjungpinang.

Kini harga ikan selar terus naik, dari seminggu lalu hanya Rp 55 ribu kini senilai Rp 65 ribu. Padahal, jika kondisi normal, harganya di kisaran Rp 35-40 ribu per kilo.

Hal ini dikatakan salah satu pedagang ikan di Bincen Alex. Seperti biasa, kondisi ikan juga mempegaruhi harga. Bila segar akan lebih mahal bila dibandingkan yang sudah di es beberapa hari.

Begitu juga dengan ikan kembung, selikur dan mata besar, mengalami kenaikan harga. Bahkan stoknya sangat terbatas, kini ia hanya menjual ikan tongkol. Harganya dikisaran Rp 25 ribu per kilo.

Baca Juga :  Pemko Asal-Asalan Menata Bunga

”Harga ikan tongkol masih stabil,” kata Alek sambil melayani konsumen yang beli ikan di meja jualannya.

Pedagang lainnya, Alfianto, membenarkan, harga ikan selar yang dijualnya mengalami kenaikan. Bgeitu juga dengan ikan bulat, kini mencapai Rp 60 ribu per kilo.

”Saya biasa jual ikan bulat Rp 45 ribu. Kini sudah Rp 60 ribu, apalagi jika masih segar, biasa lebih mahal dua smapai tiga ribu per kilo,” katanya.

Kini pasokan ikan yang ada sedikit. Ini karena para nelayan banyak tak turun, kondisi cuaca seperti saat ini. Kini harga ikan mata besar dikisaran Rp 38 ribu per kilo. Dari harga normalnya dikisaran Rp 25-28 ribu per kilo.

Baca Juga :  Suhu Ibu Kota 33,2 Derajat Celcius

Begitu juga dengan ikan selikur, kini mengalami kenaikan harga.
Bila ada stok, mungkin diharga yang sama. Begitu juga dengan ikan selikur mengalami kenaikan, dari biasanya Rp 28 ribu kini mencapai Rp 35 ribu per kilo.

Kemudian, harga ikan kembung bisa jadi mencapai Rp 45 ribu, dari harga awal hanya Rp 38 ribu per kilo. ”Hari ini pasokan tiga jenis ikan itu tidak ada. Stok dari nelayan tak ada,” terang dia.

Harga ikan kaci kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 33 ribu per kilo. Ini sangat tinggi naiknya bila dibandingkan hari biasa ganya dikisaran Rp 20 ribu per kilo. Begitu juga dengan ikan merah, bila ada diyakini sangat tinggi harganya. ”Mungkin bisa mencapai Rp 100 ribu per kilo. Sangat jarang kini ada,” paparnya. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here