Harga Sayuran Merangkak Naik

0
613
PASAR: Pedagang di Pasar Puan Maimun Karimun sedang melayani pembeli. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – MENJELANG bulan suci Ramadan, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Puan Maimun mulai merangkak naik.

Naiknya harga sejumlah sembako itu dampak dari minimnya pasokan barang dari yang biasanya didatangkan dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Pasokan itu berkurang sepekan terakhir. Jon, seorang pedagang mengatakan, kebutuhan masyarakat Karimun masih dipasok dari Sumatera dan jawa dan kini pasokan mulai tersendat.

”Karena bukan daerah produksi pertanian tetapi daerah dengan konsumsi produk pertanian sangat tinggi, wajar harga naik ketika pasokan barang dari luar seperti Sumatera dan Jawa,” ujar Jon, Jumat (5/5).

Kini sejumlah pedagang yang berada di daerah produksi, mulai menyiapkan stok sehingga pasokan barang keluar dikurangi.

Jon menjelaskan, harga bawang putih yang sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram (Kg) naik menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Cabai merah yang sebelumnya Rp 37 ribu per Kg menjadi Rp 43 ribu per kilogram. Selain itu, kenaikan harga cabai hijau di kisaran Rp 40 ribu per kilogram dan cabai rawit Rp 38 ribu per kilogram. Dalam sebulan terahir ini, terjadi 3 kali kenaikan harga barang.

”Harga barang ikut naik di daerah produksi, membuat modal pedagang naik ketika membeli barang,” jelasnya.

Menurutnya, untuk dapat untung pedagang harus menaikkan harga. Tidak hanya itu, diprediksi pada Ramadan nanti harga akan terus naik. Naiknya beberapa kebutuhan pokok, salah satu faktornya adalah pengangkutan dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatera terkendala oleh terbatasnya kapal.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here