Harus Bersinergi Menumbuhkan Ekonomi

0
421
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun saat melihat usaha batu bata milik masyarakat di Sagulung Batam, usai Safari Subuh, Jumat (25/1).f-istimewa/humas pemprov kepri
Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H Nurdin Basirun mengatakan, semua pihak harus bersinergi menumbuhkan ekonomi kerakyatan. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga diminta melakukan pembinaan dan menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat

BATAM – NURDIN juga mengapresiasi upaya dan kegiatan masyarakat dalam menggerakkan perekonomian. Agar ekonomi masyarakat lebih maju, OPD diminta terus melakukan harmonisasi dan sinergitas dalam mendesain ekonomi ke depan.

”Sekecil apapun usaha dan kegiatan perekonomian yang terpenting berjalan dan bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat sekitar. Kita pun harus mendukung dan mendorong pertumbuhan perekonomian kerakyatan,” kata Nurdin usai Safari Subuh di Masjid Al Quba Perumahan PJB 2, Sagulung, Batam, Jumat (25/1).

Baca Juga :  664 PNS Terima Penghargaan Purna Bhakti

Nurdin menyebutkan dukungan itu diharapkan dijalankan dengan basis ekonomi lokal. Juga mengedepankan kearifan lokal tiap daerah.

Nurdin mencontohkan aktivitas pembuatan batu bata Paguyuban Warga Demak di Kamlung Mangsang Sei Beduk Batam. Dia pernah meninjau aktivitas di pabrik pembuatan bata yang dilakukan masyarakat.

Di wilayah itu ada tiga titik usaha batu bata dan masih milik perorangan. Usaha tersebut memperkerjakan warga yang tinggal di kawasan Kampung Mangsang yang dihuni sekitar 30 Kepala Keluarga (KK).

Saat itu, Nurdin berbincang dengan mendengar aspirasi warga Batam asal Demak. Secara produksi, bata di kawasan ini tidak ada masalah. Pemasaran yang masih menjadi kendala. Walaupun harganya sangat murah.

Baca Juga :  Warga Mapur Minta Dikunjungi Gubernur

Mantan Bupati Karimun dua periode itu juga mengatakan, pembinaan kepada para pelaku usaha kecil di Provinsi Kepri harus terus dilakukan. Karena usaha-usaha kecil seperti itu bisa membantu menumbuhkan perekonomian Kepri. Tentang sinergi lintas OPD ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrin (Kadisperindag) Pemprov Kepri, Burhanuddin.

Gubernur juga, kata Burhanuddin untuk menumbuhkembangkan industri kecil menengah yang memanfaatkan bahan baku lokal. Di Disperindag, ada sekitar 2.400 usaha kecil seluruh Kepri yang menjadi perhatian mereka. Usaha-usaha itu dikelompokkan sehingga semakin terarah.

Baca Juga :  2019, e-Planning Harus Menyeluruh

”Yang produktif terus kita tingkatkan. Pembinaan, bantuan peralatan kita beri secata bertahap dan berkelompok. Yang memanfaatkan bahan baku lokal, kita galakkan,” kata Boy, sapaan akrab Burhanuddin.

Menurut Boy, hal ini dilakukam bukan hanya pertumbuhan ekonomi, tapi peluang kerja semakin ada. Nilai tambah hasil pengolahan terus dikuatkan ke depan. Sinergi dan integrasi yang diperintahkan Pak Gubernur akan memperkuat tumbuh ekonomi warga,” katanya.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here