Hewan Kurban Harus Sehat

0
170
ANAK-anak usia sekolah sedang asyik memberikan makan sapi kurban. f-dokumen/tanjungpinang pos
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun melalui Dinas Pangan dan Pertanian mengingatkan, agar seluruh pedagang hewan kurban memperhatikan kondisi kesehatan hewan kurban.

KARIMUN – di Karimun untuk mencegah terjadinya segala hal yang tidak memungkinkan terkait masalah kesehatan hewan kurban.

”Kita sudah sampaikan dengan pedagang hewan atau pemasok ke Karimun. Hewan yang masuk ke Karimun harus jelas asal ternaknya, dalam keadaan sehat dibuktikan dengan surat keterangan laboratorium yang menyatakan, bahwa hewan sehat dari penyakit Brucellosis dan penyakit Jembrana,” kata Plt Kadis Pangan dan Pertanian, Hurnaini.

Kemudian, peternak melapor ke instansi terkait yakni Karantina Hewan dan Dinas Pertanian setempat berapa jumlahnya dan akan dilakukan pemantauan sebelum dilakukan pemotongan.

Termasuk mewaspadai kesulitan air bersih, dampak dari musim kemarau yang mencapai puncaknya.

Hewan harus mendapat asupan air bersih yang cukup, untuk memastikan kesehatannya hingga Idul Adha. Peternak diminta tidak memberikan air sembarangan, jika terjadi kesulitan air.

”Kita mau, hewan kurban yang dijual kondisinya sehat dan sesuai syarat syari. Maka sejak dini kami sudah mengecek peternakan-peternakan memastikan tidak ada hewan yang terjangkit virus,” terang Hurnaini lagi.

Adapun hewan kurban di Karimun berasal dari Sumatera Barat, Riau dan Pulau Jawa. Sapi dan kambing menjadi hewan, yang selalu dijadikan sebagai kurban dimasjid serta musala.

Kabupaten Karimun ingin pasokan daging sapi lokal bisa memenuhi permintaan pasar. Namun niatan harapan menuju swasembada sapi itu, masih sangat jauh untuk dicapai.

Mengingat, minimnya jumlah peternak dan jumlah sapi yang diternak. Sehingga, belum mampu memenuhi pasar Karimun seperti saat Idul Adha tahun ini.

Persediaan sapi lokal di Kabupaten Karimun, untuk memenuhi kebutuhan kurban di Hari Raya Idul Adha 1440 H/ 2019 masih terbatas.

Sehingga, untuk mencukupi kebutuhan yang jumlahnya mencapai ratusan ekor tersebut harus didatangkan dari luar. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here