Imigrasi Musnahkan Dokumen, Ada Apa?

0
373
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban Burhanuddin beserta staf dan perwakilan Kanwilkumham Kepri saat memusnahkan dokumen keimigrasian, Jumat (23/11) F-JENDARAS/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGUBAN – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban memusnahkan ribuan lebih dokumen keimigrasian yang diterbitkan oleh kantor tersebut pada Jumat (23/11) pagi.

Pemusnahan yang disaksikan langsung oleh Burhanuddin Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban dan perwakilan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepri ini berlangsung selama setengah jam.

Kepada Tanjungpinang Pos, Burhanuddin menerangkan jika pemusnahan dokumen keimigrasian tersebut dilakukan oleh pihaknya setelah mendapatkan persetujuan dari Kanwil Kemenkumham dan juga Sekretariat Jenderal (Setjen) Imigrasi.

“Ada 9 item dokumen yang dimusnahkan, untuk total jumlahnya ribuan. Dokumen tersebut diterbitkan pihak kantor kami mulai tahun 2005 hingga 2017,” katanya, Jumat (23/11).

Ia menambahkan, sebab pemusnahan dokumen tersebut adalah masa berlakunya sudah habis dan tidak dapat dipergunakan lagi. Untuk mencegah penyalahgunaannya, pihak imigrasi tidak membuang sembarangan, namun dibakar. Sehingga dokumen musnah dan tidak dapat disalahgunakan.

“Adapun 9 item dokumen yang dimusnahkan yaitu Buku VoA, Perdim 21, Perdim 21A, Perdim 26, E Kitas, Kitap, Kitas, ID Card WNI dan Kitas non elektronik,” jelasnya.

Ia memastikan, pemusnahan tersebut dilakukan sesuai dengan surat edaran Setjen Imigrasi tentang dokumen yang sudah usang dan sudah mendapatkan persetujuan secara tertulis. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here