Imigrasi Perketat Tujuan Pembuatan Paspor

1
2687
BUAT PASPOR: Warga saat antre di kantor imigrasi saat mengurus paspor. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kantor Imigrasi Tanjungpinang mulai memperketat tujuan para pembuat paspor. Ini agar tidak disalah gunakan untuk bekerja di luar negeri.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Perlintasan Kanim Tanjungpinang Totok Sasono, kemarin.

”Kita memperketat para calon pembuat paspor melalui sesi wawancara yang lebih selektif dengan mempertanyakan tujuan pembuatan paspor. Agar tidak disalah gunakan sebagai pekerja,” katanya Jumat (7/8).

Dalam pengurusan tidak ada jumlah maksimal perharinya. Rata-rata pengurus dan pemohon paspor setiap harinya mencapai 50-100 orang per hari.

Baca Juga :  Personel SAR Apel Siaga Khusus Lebaran

”Untuk jumlah pengurusan tidak ada batasan. Kita hanya memperketat,” jelasnya.

Ditanya mengenai alasan keperluan pemohon dalam menguruskan paspor ke Imigrasi, ia menjelaskan, kebanyakan pemohon untuk berlibur, mengunjungi keluarga, berobat ke rumah sakit di Malaysia dan Singapura.

Dan sebagian digunakan untuk bekerja di luar negeri, sesuai dengan prosedur dan permit kerja yang diperoleh.

”Tapi yang paling banyak untuk keperluan liburan dan melancong, kendati sebagian ada juga untuk sekolah di luar negeri. Perlintasan warga yang mau berangkat ke luar negeri, kebanyakan lewat dari pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang,” jelasnya.

Baca Juga :  Jalan Merdeka Bakal Jadi Pusat Kuliner

Permohonan pengurusan paspor di Imigrasi Tanjungpinang, masih kata Totok, kebanyak menjelang libur panjang seperti natal, tahun baru atau lebaran Idul Fitri, pemohon memanfaatkan hari libur ke luar negeri untuk berlibur. (cr27)

Loading...

1 KOMENTAR

  1. Apabila kita ingin kuliah di luar negri dan telah memiliki paspor. Namun paspor yg tertera adalah paspor umroh dan telah habis masa berlakunya… apakah kita harus memperpanjang paspor umroh tersebut atau kita harus membuat paspor baru yang bertujuan untuk kuliah di luar negri…?
    Mohon penjelasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here