Infrastruktur di Tanjungpinang Kurang Dukung Investasi

0
588
Salah satu kendaraan melintas di Pelabuhan Tanjungmoco Dompak yang belum siap-siap.F-dok/tanjugnpinang Pos

TANJUNGPINANG – Kualitas infrastruktur Tanjungpinang dinilai kurang mendukung pengembangan dunia investasi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kurangnya sarana dan infrastruktur di Tanjungpinang membuat kendala bagi para investor membuka peluang menanamkan modalnya.

Hal ini diungkapkan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjungpinang Bobby Jayanto, kemarin.

Kata dia, sudah banyak investor datang ke Tanjungpinang untuk menanamkan modalnya, tapi sarana dan infrastruktur di Tanjungpinang belum siap menunjang tersbut. Akibatnya, para investor kabur.

Seperti dua kawasan unggul Tanjungpinang masuk kawasan Free Trade Zone (FTZ) yakni Senggarang dan Dompak, namun daerah tersebut sangat minim sarana infrastruktur.

Baca Juga :  Jadi Tersangka, Pejabat BPN Tidak Ditahan

”Salah satunya kita tidak ada pelabuhan bongkar muat,” katanya Selasa (27/11).

Bobby menyebutkan, mereka (investor) mau buka investasi di Tanjungpinang dan mereka memerlukan bahan baku dari luar Tanjungpinang tapi disini tidak ada pelabuhan yang mendukung untuk hal tersebut.

”Setelah melakukan produksi dan pengiriman hasil produksi tidak ada yang mendukung untuk bongkar muat,” sebutnya.

Lanjutnya, dulu orang menyebutkan bahwa listrik dan air yang menjadi kendala tetapi sekarang itu pelabuhan bongkar muat yang menjadi kendala. Kita tidak mau melakukan bongkar muat di pelabuhan yang tidak resmi.

Baca Juga :  Keluarga Korban Minta Nasrun Dihukum Berat

”Ini yang perlu dibenahi oleh pemerintah dalam menunjang para investor untuk datang membuka peluang usaha di Tanjungpinang,” jelasnya.

Menurutnya, ada dua investor yang sudah berhasil membuka usaha di pulau Bintan diantaranya bagian perkebunan di Cikolek dan pabrik bata di Dompak. Karena kurangnya infrastruktur ini menjadi gagal.

”Sekarang kita fokus investasi di bidang pariwisata di Bintan, apabila semua sarana dan infrastruktur mendukung maka kedepannya Tanjungpinang ini sangat strategis,” ujarnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here