Investor Asal Swiss Kembangkan Wisata Pulau Kusik

0
652
KEINDAHAN ALAM: Pantai Pulau Kusik yang memiliki keindahan alam, dan kini di incar investor Swiss untuk dikembangkan jadi kawasan wisata. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – KEINDAHAN Pulau Kusik, Desa Rewak Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi incaran sejumlah investor asing. Dengan memiliki keindahan alam, serta pantai pasir putih yang air launnya jernih menjadi daya tarik sejumlah wisatawan untuk mengunjungi pulau tersbut. Menurut informasi masyarakat setempat, investor yang tertarik berinvestasi akan langsung mengunjungi pulau tersebut. Kini, niat investasi tersebut masih dalam tahap proses dan komunikasi kepada masyarakat setempat.

”Kemarin salah seorang investor telepon saya, dan katanya akan turun ke lokasi dalam waktu dekat untuk merancang masterplan untuk pembangunan perhotelan di sana,” Kata Darwis, masyarakat Rewak sekaligus perwakilan dari pihak perusahaan, Rabu (5/7). Dalam hal ini, pihak investor sangat berharap kepada masyarakat agar dapat menyetujui rencana itu. Menurutnya, jika masyarakat tidak setuju maka pihak investor tidak akan berani untuk membangun sejumlah bangunan yang sudah direncanakan. Darwis menjelaskan, pihak pengembang akan melakukan konsep yakni masyarakat adalah bagian dari objek wisata.

Artinya, ke depannya masyarakat di sekitar akan dilibatkan dalam pengelolaan wisata di pulau tersebut. Lanjutnya, masyarakat tidak dibenarkan pindah jauh dari area lokasi pembangunan. Sebab, pihak pengembang akan membangun kampung untuk pemukiman warga sekitar. Pembangunan pemukiman baru tersebut, juga akan dijadikan kampung wisata dan itu bagian dari peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

”Khusus untuk masyarakat sekitar, akan dijadikan pekerja dan tidak dimintai persyaratan administrasi apapun seperti ijazah atau sejenisnya. Pihak pengembang hanya meminta Kartu Tanda Penduduk (KTP),” jelasnya. Ia menilai, rencana pengembang cukup membantu masyarakat sekitar. Sehingga, masyarakat diikut sertakan dalam pembangunan dari pengembangan wisata.

Lebih menariknya, masyarakat sekitar ada pembagian saham sesuai dengan mekanisme dan peraturan investasi. Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Anambas Yunizar mengatakan, bahwa ia telah dikonfirmasi dari seorang investor beberapa hari lalu.

”Investor yang akan mengembangkan Pulau Kusik tersebut, ia ketahui berasal dari daratan Eropa yakni negara Swiss dan akan membangun resort di pulau Berhala Kecamatan Siantan,” terang Yunizar. Ia menambahkan, kalau persoalan rencana investasi dari Investor cukup banyak bahkan akan ada yang melakukan survei secara langsung kelokasi tempat wisata. Pada prinsipnya, kita tetap melayani investor .(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here