Investor Berpotensi Naikkan PAD

0
199
PESERTA lomba Kayuh Jongkong di acara FPM III dengan latar belakang Yacht wisatawan mancanegara. F-ISTIMEWA
Mendatangkan investasi dengan memancing investor untuk berinvestasi di Kabupaten Kepulauan Anambas ini merupakan formula jitu yang diterapkan oleh Pemerintah Daerah untuk menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

ANAMBAS – Langkah ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Anambas kepada pemerintah pusat. ”Masuknya investasi otomatis meningkatkan perkonomian dan PAD bagi daerah ini,” ujar Sahtiar, SH MM, Sekretaris Daerah KKA, Minggu (3/11).

Ia mengungkapkan, hadirnya investasi di Anambas telah mulai memberikan support bagi PAD Anambas.

Lebih jauh Sekda menyampaikan, bahwa saat ini terdapat beberapa investor asal luar negeri yang telah datang ke Anambas untuk berinvestasi.

”Rata-rata investor yang datang itu ingin berinvestasi di bidang pariwisata seperti di Pulau Kusik, Pulau Bate dan lainnya. Belum lagi investor lokal,” jelasnya.

Ia menambahkan, geliat Investasi pariwisata di Kabupaten Kepulauan Anambas mulai memberikan dampak ekonomi pada masyarakat dan PAD.

Untuk saat ini, sumber PAD dari pajak meningkat dan yang paling banyak menyumbang itu adalah pajak hotel dan restoran.

”Sumber PAD Anambas itu dari pajak. Target kita pada APBD perubahan Rp42,9 miliar dan APBD murni Rp37,7 miliar.

Bahkan menurut dia, Pulau Bawah saat ini mampu menyumbang PAD sebesar Rp200 sampai dengan Rp400 juta per bulan.

”Untuk saat ini peningkatan PAD ditopang oleh pajak hotel dan restoran,” katanya.

Untuk itu, sektor pariwisata dinilai sangat menjanjikan untuk masa depan Kabupaten Kepulauan Anambas. Indahnya pesona Pantai Padang Melang, yang menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Namun, lokasi itu memerlukan sentuhan investor untuk mengelola lokasi pantai tersebut.

Pantai Padang Melang, memiliki panjang gari pantai sekitar 7 kilometer itu akan lebih menarik jikas ditata sedemikian rupa oleh investor.

”Jika dikelola dengan baik, maka pantai Padang Melang ini tentu membantu perekonomian Kabupaten Kepulauan Anambas khususnya masyarakat Jemaja akan meningkat. Hari ini ada turis menggunakan kapal persiar berlabuh dilaut pantai tersebut dari Pelabuhan Marina Batam,” kata Gusdi, selaku penggiat wisata Anambas di Jemaja ketika ditemui Tanjungpinang Pos, belum lama ini.

Namun, hingga saat ini sejumlah lokasi wisata andalan Kabupaten Kepulauan Anambas membutuhkan tangan-tangan profesional.

Selain itu, lanjut Gusdi, minimnya sinyal telekomunikasi juga suatu hambatan paling besar dalam melakukan promosi wisata di dunia maya.

Untuk modal, sebagai daya tarik wisata di Jemaja memiliki tempat yang cukup berkualitas tinggi.

”Selain pantai Padang Melang, Jemaja ada juga Pulau Ayam, Pulau Kuku, Pulau Yudan, Pulau Teluk Dalam, Pulau Mangkai dan Pulau Dara. Masih ada destinasi lainnya,” sebut dia.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here