Jadikan Tanjungpinang Sport Tourism

0
289
Dari kiri, Ade Angga, Abdul Razak dan Djasman foto bersama atlet.f-istimewa

Kejuaraan Panahan Walikota Cup Suskes Digelar

TANJUNGPINANG – Kejuaraan panahan bertajuk Walikota Cup 2019 yang digelar Pengurus Kota Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Tanjungpinang, sukses digelar.

Event perdana Perpani Kota Tanjungpinang berlangsung selama dua hari, dilapangan panahan Hotel Sunrice (Eks Hotel Bali), Sabtu (30/11) hingga Minggu (1/12). Dengan total hadiah Rp34 juta. Dengan total peserta 200 atlet. Ketua panitia pelaksana Zulhidayat menjelaskan, dari tujuh kategori yang di pertandingkan dengan jumlah 14 medali untuk putra dan putri, juga diikuti atlet Pra PON Kepri dari Batam.

”Melihat prestasi atlet dari peserta, atlet panahan dari Tanjungpinang terus berkembang, mereka membagi medali dengan daerah lainnya,” ujarnya, kemarin. Kata dia, bila panitia tidak membatasi jumlah peserta, bisa-bisa pesertanya lebih dari 200 atlet.

Baca Juga :  PSTS Siap Sukseskan KLB Asprov

”Istimewanya, selain peserta membludak juga prestasi atlet Tanjungpinang mulai bangkit. Selama ini hanya di Batam, sekarang mulai bergeser ke Tanjungpinang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Perpani Kota Tanjungpinang Ade Angga merasa terharu melihat peserta yang sangat membludak. Bukan hanya dari Tanjungpinang tapi dari luar Tanjungpinang cukup banyak. Padahal, panitia hanya membuka dua kategori open.

”Baru dua kategori yang buka open, peserta dari luar Tanjungpinang sudah mencapai 89 atlet. Dan, mereka menginap di Tanjungpinang bersama orang tua dan keluaranya,” ujarnya.

Baca Juga :  Laga Perdana, Kepri Hadapi Sulawesi Barat

Kata dia, kejuaraan panahan Walikota Cup, selain suskes prestasi, juga sukses penyelenggarah dan usaha kecil menengah. Meskipun hanya dua hari saja digelar, peserta dari luar membludak dan mereka menginap di Tanjungpinang. ”Jadi olahraga itu tidak lepas dari wisata olahraga (sport tourism ),” ujarnya.

Kata Angga, tahun ini juga Perpani menyerahkan bantuan peralatan panahan untuk lima sekolah dasar (SD) yang ada di Tanjungpinang. Tujuanya, supaya olahraga panahan terus digemari di tingkat pelajar, terutama pelajar tingkat SD. Bahkan tak menutup kemungkinan ke depanya, Perpani juga membantu peralatan panahan untuk semua sekolah SD, baik swasta dan negeri di Tanjungpinang.

Baca Juga :  Apri Salut dengan PSTS

”Bantuan alat panahan dengan harapan agar panahan di Tanjungpinang terus meningkat dan prestasinya juga meningkat,” ujarnya.

Sambung dia, ke depanya event seperti Walikota Cup akan terus digelar. Selain menggelar event, juga akan menggelar pelatihan pelatih dan wasit panahan. Ini perlu dilakukan supaya SDM wasit dan pelatih terus bertambah. ”Kita ingin Tanjungpinang merupakan lumbung atlet prestasi bagi cabang olahraga panahan di Kepri,” harapnya. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here