Jajanan Khas 7 Daerah Disiapkan di Satu Tempat

0
239
KUE dan roti Paleo, salah satu oleh-oleh khas dari Tanjungpinang yang banyak digemari pembeli. F-ISTIMEWA

Kios Raja Oleh-oleh Di Tanjungpinang Harapan Baru Pelaku UMKM Di Kepri

Dinas Koperasi, UMKM Pemprov Kepri saat ini tengah konsentrasi menghimpun produksi Usaha Kecil Menengah (UMK) unggulan di setiap daerah di Kepri agar bisa disatukan di satu tempat.

TANJUNGPINANG – RENCANANYA, dinas ini akan memasarkan oleh-oleh khas masing-masing daerah di satu tempat. Produk jajanan unggulan dari 7 kabupaten/kota di Kepri akan dipasarkan di kios Raja Oleh-oleh yang rencananya akan launching 02 Februari mendatang.

Kios Raja Oleh-oleh ini dibangun di kawasan Batu 8 Atas Tanjungpinang. Rencana di kios tersebut, Diskop UMKM Kepri memasarkan serta menjual jajanan oleh-oleh khas Kepri kepada wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Ibukota Kepri.

”Kami sangat apresiasi dengan Asita, Bang Safril Sembiring yang tidak pernah lelah menghimpun usaha-usaha kecil menengah. Kita siap mendukung,” jelas Kepala Diskop UMKM Kepri Agusnawarman kepada Tanjungpinang Pos saat berkunjung ke Kios Raja Oleh-oleh di Tanjungpinang, Rabu (15/1) kemarin.

Mantan Setwan Kabupaten Bintan itu menyampaikan, Pemprov Kepri saat ini tengah konsentrasi mendukung serta mendorong usaha unggulan pelaku UMKM di setiap daerah dijual di pasar wisatawan.

Dirinya tak menepis, bahwa usaha UMKM di setiap daerah di Kepri mampu bersaing dengan pasar moderen. Hanya saja, untuk memasarkan itu perlu modal serta koneksi yang tinggi.

”Dengan adanya kios ini, kita berharap usaha UMKM unggulan khas Kepri bisa dijual disini, jadi setiap travel agent yang membawa wisatawannya ke Tanjungpinang, tak perlu lagi kebingunan mencari pasar oleh-oleh, karena mulai 02 Februari nanti semua produk setiap daerah ada disini,” jelas Agusnawaman.

Ketua Asita Tanjungpinang Safril Sembiring menyampaikan, siap menghimpun berbagai oleh-oleh khas daerah di luar Tanjungpinang untuk dipasarkan di Kios Raja Oleh-oleh.

”Paling tidak misalnya, kerupuk ikan. Kita bakal cari kerupuk ikan unggulan, agar siapapun yang datang merasakan khasnya makanan Kepri,’ sebutnya.

Anggota Perhimpunan Saudagar Melayu Kepri ini menyampaikan, hadirnya kios Raja Oleh-oleh ini nantinya tentunya akan memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM di Kepri.

Karena, kata dia, setiap produk yang dipasarkan di kios tersebut, juga dipasarkan kepada travel agent yang sering melayani wisatawan internasional, maupun luar provinsi.

Tren perdagangan berbasis internet atau eCommerce harus diakui tengah berkembang di Indonesia. Kendati demikian, belum semua pihak memanfaatkan platform eCommerce untuk bisnisnya.

Salah satu yang menjadi perhatian pemerintah adalah pelaku UMKM. Karena itu, Kemkominfo bersama Kementerian UKM dan Koperasi menggelar gerakan bertajuk ‘Ayo UMKM Jualan Online’.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here