Jalan Gelap dan Rawan Maling

0
751
Jalan Kijang Lama di Gang Pondok Cengkeh RT005/RW005, Kelurahan Melayu Kota Piring, gelap tak ada PJU. f-istimewa

Warga Kijang Lama Minta Pemasangan PJU

Warga Jalan Kijang Lama tepatnya berada di Gang Pondok Cengkeh RT005/RW005, Kelurahan Melayu Kota Piring, meminta kepada Pemko Tanjungpinang agar segera memasang lampu penerangan jalan umum (PJU).

TANJUNGPINANG – Pasalnya, pada malam hari lingkungan menjadi gelap dan rawan kriminal.

Warga juga mempertanyakan kemana dana pajak PJU yang mereka selama ini bayar. Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) merupakan pajak yang dibayar masyarakat selaku pengguna listrik saat membayar tagihan rekening listrik, maupun saat pembelian token pulsa listrik.

Kendati demikian, wilayahnya belum dipasang PJU. Hal ini diungkapkan Ali Bazar, Warga yang tinggal Jalan Kijang Lama di Gang Pondok Cengkeh RT005/RW005, Kelurahan Melayu Kota Piring, kemarin.

”Kasihan kalau warga yang melintas jalan kaki atau naik sepeda, susah mau lihat jalan, gelap. Kita sudah bayar pajak PJU tapi kita tidak merasakan manfaatnya dikampung kita,” kata Ali Bazar kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (6/10).

Kata dia, selain susah dalam lalu lintas warga, kondisi jalan yang gelap juga rawan aksi kejahatan. Bahkan banyak yang dicurigai dan juga maling kerap mengendap-endap atau membungkuk di jalan tersebut mencari situasi yang untuk beraksi.

”Kami maunya ada lampu penerangan di gang ini, kalau bisa tahun ini atau paling lambat tahun 2020 terealisasi. Karena sudah bertahun-tahun kondisinya begini dan belum ada perhatian dari pemerintah,” ucapnya diiyakan oleh warga lainnya.

Ditambahkannya, ia melihat dibeberapa wilayah lain justru penerangan jalan menjadi prioritas dan tidak gelap seperti di wilayahnya.

Ia juga minta kepada anggota DPRD Tanjungpinang, untuk memperjuangkan agar wilayahnya tahun ini atau depan sudah terang dan sudah dipasang PJU.

Ia yakin, minimnya PJU di Tanjungpinang bukan karena daya listrik yang terbatas.

”Saya dengar soal daya listrik tidak ada masalah lagi. Listrik kita sudah kayak di Batam, dayanya lebih karena listrik kita dari Batam. Tapi kenapa daerah kita tidak dipasang PJU,” ujarnya.

Pantuan beberapa lokasi di Tanjungpinang, tidak hanya kawasan perumahan yang minim PJU. Bahkan jalan-jalan utama juga sangat minim PJU. Sebelumnya, PLN Tanjungpinang mengatakan, pengadaan jaringan PJU adalah tanggungjawab Pemko Tanjungpinang. PLN hanya menyediakan daya. Kemudian, pajak PJU yang dipunggut oleh PLN, kemudian diserahkan lansung ke Pemko Tanjungpinang, setelah dipotong pemakaian PJU. (ANDRI-ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here