Jalan Marok-Dabo Segera Diselesaikan

0
258
PEMBUKAAN Jalan Marok Kecil Dabo yang sedang dikerjakan sebuah perushaaan pertambangan pasir. f-istimewa
Bupati Kabupaten Lingga, H Alias Wello meminta sebuah perusahaan yang berinvestasi di Desa Marok Kecil segera menyelesaikan pembukaan jalan pintas dari Marok Kecil ke Kota Dabo Singkep.

LINGGA – Pembukaan jalan tembus tersebut, dipastikan dapat meningkatkan prekonomian masyarakat. Hal ini disampaikan Camat Singkep Selatan, Sabirin, kemarin.

”Pak Bupati Lingga berharap pengerjaan, jalan pintas Singkep Selatan ke Dabo terus digarap perusahaan. Mudah-mudahan bisa rampung sebelum anggaran perubahan,” kata Sabirin, mengulang perkataan Alias Wello.

Ia menambahkan, jika perusahaan bisa segera merampungkan pembukaan jalan tersebut. Rencananya, Pemkab Lingga akan menyiapkan anggaran untuk pembangunan jembatan yang ada di jalan pintas Marok-Dabo itu.

”Pembangunan jalan ini hanya sampai pembukaan saja. Insya Allah tahun berikutnya mudah-mudahan ada peluang, baru pengerasan. Kalau untuk pengaspalan, itu difokuskan untuk lintasan lama ke arah Desa Resang, Kantor Camat dan Sentra Kelapa,” terangnya.

Sabirin berharap, pembangunan jalan pintas Marok Kecil-Dabo tersebut tidak terkendala. Pasalnya, keberadaan jalan ini sangat membantu masyarakat setempat. Jarak tempuh yang singkat, pastinya mampu membantu peningkatan ekonomi warga di Singkep Selatan.

”Kami juga akan membantu perusahaan untuk membuka jalan di sana,” imbuhnya.

Sebelumnya, bulan April lalu Sabirin mengatakan, pentingnya akses jalan untuk transportasi darat bagi peningkatan ekonomi warga didaerahnya ke pusat ekonomi warga di Kota Dabo Singkep.

Untuk itu, pihak kecamatan bersama masyarakat merintis pembukaan jalan baru yamg lebih dekat menuju Kota Dabo Singkep.

”Selama ini masyarakat Singkep Selatan, harus memutar ke Kecamatan singkep Barat. Jika akan ke Kota Dabo Singkep, bila menggunakan akses darat. Dengan jalan yang dirintis ini, maka memotong lebih setengah jauhnya perjalan yang selama ini ditempuh,” kata Sabirin, April lalu.

Dikatakan, warga Singkep Selatan harus berjalan puluhan kilometer jika mendapatkan barang kebutuhan hidup dari Kita Dabo Singkep. Hal ini, tentunya membuat warga harus rugi waktu dan biaya.

Dengan akses jalan yang baru dirintis ini, bisa memotong lebih setengah perjalanan.

”Perintisan jalan iiuni, juga dilakukan bersama dengan pengusaha yang saat ini beroperasi di wilayah itu,” ucapnya.

Dijelaskan, berperannya pengusaha yang berada diwilayahnya ini juga atas imbauan Bupati Lingga H Alias Wello yang selalu menginggatkan pengusaha yang berada di Kqbupaten Lingga harus berperan membantu kepentingan umum masyarakat setempat. (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here