Jalan Nusantara Km 12 Rusak Parah

0
1255
MELINTASI: Angkutan umum yang sedang melintasi Jalan Nusantara Km 12 yang rusak. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Jalan Nusantara, Km 12 arah Kijang rusak parah. Ruas jalan bergelombang dan berlubang. Ini membuat pengendara yang melintasi resah dan menyulitkan, apalagi saat gerimis atau hujan. Tak jarang ada pengendara sepeda motor yang terjatuh.

Hal ini dikatakan Ketua RW 11 Kampung Wonosari, Kelurahan Batu X, Sarman kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (6/12) kemarin. ”Jalan ini sudah banyak makan korban. Waktu itu orang dari Pulau Kelong terguling di jalan itu. Kita kasihan melihatnya,” katanya.

Bahkan ia mengaku sering ditanya warga sekitar kapan akan diperbaiki pemerintah. Hal senada disampikan Udin salah satu warga yang berada di pinggir jalan tersebut. Sering melihat pengendara sepeda motor yang terjatuh. Biasanya karena mengindari lombang yang akhirnya terjatuh. ”Kasihan, banyak yang jatuh. Pengedara juga tak nyaman melewati jalan tersebut,” ungkapnya.

Ia bahkan sudah pernah mendatangi Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tanjungpinang yang berada di Jalan Peralatan, Km 7 Tanjungpinang. Kedatangannya, minta perbaikan atau menambal jalan raya yang berlubang tersebut.

Informasi yang diterima, jalan tersebut kewenangan Satker PJN di Kepri. Dibangun dari APBN, begitu juga dengan pemeliharaannya. Sebelumnya, Staf Teknik PPK PJN Kepri, Hermawan menuturkan, pemeliharaan jalan nasional berada di Dinas PU Provinsi Kepri. ”Anggaran pemeliharaan jalan nasional kini di Dinas PU Pemprov, konfirmasinya bisa langsung,” tuturnya.

Kepala Dinas PU Provinsi Kepri, Ir Abu Bakar mengetahui, Jalan Nusantara kondisinya rusak parah. Untuk penanganan awal, pihaknya akan menambal lubang menggunakan semen. Supaya tidak ada lagi pengendara sepeda motor terjatuh di lubang tersebut. ”Nanti, saya perintahkan pegawai untuk menambal lubang itu. Tetap kita perbaiki,” kata Abu saat dikonfirmasi melalui handphone seluler.

Rencananya 2018 mendatang baru akan diajukan anggaran pengaspalan. Beserta beberapa titik jalan nasional lainnya yang kini rusak. Diantaranya Jalan Kota Piring, Km 6 dan Pelabuhan Batu 6 Tanjungpinang. Warga dan pengendara yang melintas mengharap Pemprov segera memperbaiki. Bila tidak, maka akan banyak korban lainnya yang dirugikan.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here