Jalan Pelabuhan Moco Diaspal Tahun Depan

0
704
pelabuhan: Pelabuhan bongkar muat Tanjungmoco, Dompak, Tanjungpinang saat dikerjakan beberaap bulan lalu. F-DOK/TANJUNGPINANG POS

Akses jalan menuju pelabuhan Kontainer Tanjung Moco di Dompak akan diaspal tahun depan. Anggarannya mencapai Rp40 miliar yang dianggarkan di APBN 2018.

TANJUNGPINANG – Hal ini diungkapkan Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah, kemarin. Menurut Lis, proyek pembangunan Pelabuhan Tanjung Moco di Dompak untuk pelabuhan bongkar muat kontainer di kawasan Free Trade Zone (FTZ) Tanjungpinang.
Pelabuhan ini mulai dibangun sejak tahun 2010 lalu, mulai dari penimbunan hingga pembangunan dermaga pelabuhan. Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun 2013 ini menggelontorkan dana sebesar Rp60 miliar untuk Provinsi Kepri. Dana itu dialokasikan untuk membangun fasilitas pelabuhan tersebut. Waktu itu, Gubernur Provinsi Kepri, HM Sani (almarhum) menyatakan, Tanjung Moco adalah pelabuhan yang dirancang untuk pelayaran internasional. Proyek yang telah dipancang sejak beberapa tahun lalu ini, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Tanjunginang. ”Sudah kita koordinasi dengan pemerintah pusat. Dananya, memakai APBN tahun 2018,” Lis Darmansyah.

Lis masih was-was, takut pemerintah pusat tidak mau menganggarkan dana tersebut, dengan alasan devisit. Tapi, ia sangat berharapkan dana usulan bisa dikabulkan oleh pemerintah pusat. Sehingga bisa menjembatani serta membuka akses ekonomi baru di Pelabuhan Tanjung Moco. Sekarang, lanjut dia, semua pemerintah yang ada di beberapa daerah mengalami devisit anggaran. Oleh karena itu, para OPD untuk rajin-rajin melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Supaya pemerintah pusat bisa mengabulkan anggaran yang telah diajukan para OPD tersebut termasuk pengaspalan akses jalan menuju Pelabuhan Tanjung Moco. ”Jalan lingkar di Pulau Bintan termasuk skala prioritas dari Pak Presiden. Ibaratnya, buah jangan dibiarkan di atas pohon saja. Bagaimana caranya buah yang berada di pohon bisa jatuh ke tanah. Ya, rajin-rajin lobi ke pusat,” sebut dia.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perhubungan melaksanakan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk membahas kelangsungan pembangunan pelabuhan Dompak dan pelabuhan Tanjung Moco. Rapat yang dipimpin langsung oleh Direktur Kepelabuhanan Kementrian Perhubungan Mauritz H.M. Sibarani bertempat di kantor Kementrian Perhubungan, Jakarta, dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang H. Syahrul.

Direktur Kepelabuhanan Kementrian Perhubungan Mauritz mengatakan, untuk kelanjutan pembangunan pelabuhan Dompak dan Tanjung Moco Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemko Tanjungpinang diharapkan segera menyerahkan dokumen perencanaan kepada Kemerintrian Perhubungan. ”Saat ini pelabuhan dompak sudah hampir selesai pengerjaannya, namun masih ada permasalahan yang harus diselesaikan terkait tanah. Sesuai kentuan yang berlaku bahwa pembangunan tersebut bersumber dari dana APBN maka harus ada penyerahan lahan dari Pemerintah daerah kapada pemerintah pusat,” ucapnya.

Akses jalan menuju Pelabuhan Tanjung Moco juga menjadi perhatian Mouritz karena jalan menuju pelabuhan masih tanah merah dan tanah milik masyarakat, sebagian lagi kawasan milik Pemko Tanjungpinang. Terkait hal tersebut, Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Tanjungpinang mendukung pembangunan pelabuhan di wilayah tersebut dengan harapan Kementerian Perhubungan dapat melanjutkan sesuai rencana semula, dilengkapi dengan sarana dan prasarana. ”Menyangkut masalah tanah di lokasi tersebut, ada tanah pemko, DED juga sudah ada. DED yang ada tersebut saat ini sedang direvisi oleh Pemerintah Provinsi Kepri untuk pembangunan akses jalan menuju pelabuhan Tanjung Moco,” kata Syahrul.

Selain itu, Pemko Tanjungpinang juga siap menghibahkan kepada Pemerintah Pusat sesuai kemampuan serta ketentuan yang berlaku. Hal tersebut bertujuan agar pembangunan yang dilaksanakan hasilnya benar-benar dapat dimanfaatkan masyarakat. ”Direncanakan kedepannya pelabuhan bongkar muat yang saat ini berlangsung di km. 6 akan dipindahkan ke Tanjung Moco,” tambah Syahrul.(ANDRI-ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here