Jangan Lupakan Kegiatan Berkelanjutan

0
214
BUPATI Bintan Apri Sujadi memberikan gambaran program pembangunan 2021, saat membuka Forum OPD Bintan di Bhadra Resort & Convention Km 25 Toapaya, kemarin.f-istimewa

Pemkab dan DPRD Bintan Bahas Rancangan Program 2021

Pemkab Bintan bersama DPRD Kabupaten Bintan membahas rancangan program pembangunan untuk tahun 2021, melalui Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bhadra Resort & Convention Km 25 Toapaya, Rabu (26/2). Bupati Bintan H Apri Sujadi mengingatkan, jangan lupakan kegiatan prioritas dan berkelanjutan dalam pembahasan Forum OPD ini.

BINTAN – ”FORUM OPD ini sama dengan pra Musrenbang kabupaten. Jadi, pembahasan rencana pembangunan 2021 ini sifatnya umum. Tapi walaupun umum, jangan lupakan kegiatan prioritas dan yang bersifat berkelanjutan,” ujar Apri Sujadi usai membuka Forum OPD.

Bupati menjelaskan, Forum OPD merupakan satu tahap awal dari rangkaian penyusunan rencana kerja, sebelum pelaksanaan Musrenbang tingkat Kabupaten Bintan. Dan bentuk perwujudan pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah ke depan. Dalam forum ini, juga dibahas indikator serta target pencapaian program setiap kegiatan OPD.

Baca Juga :  Wabup Cek Kondisi Waduk Seijago

”Di sini, kita sudah mulai bicara untuk sasaran rancangan program pembangunan tahun 2021. Saya mengingatkan, kegiatan yang bersifat berkelanjutan seperti pembangunan masjid agung di Bintan Buyu, pembangunan masjid besar Kecamatan Mantang, itu jangan dilupakan untuk dianggarkan kembali,” tegas Apri Sujadi.

Sama juga dengan kelanjutan pembangunan stadion utama Bintan di Busung, Apri menyatakan, juga perlu dianggarkan lagi. Begitu juga dengan pengadaan perlengkapan sekolah gratis, serta kegiatan yang mendukung program kesehatan gratis.

”Termasuk penganggaran bantuan insentif bagi imam dan penjaga masjid, ustaz, guru ngaji, sampai dengan pengelola TPU jangan dilupakan untuk dimasukan dalam kegiatan prioritas,” tambahnya.

Baca Juga :  75 Mahasiswa SBTI Ikuti Orientasi

Selain itu, Apri Sujadi berharap agar Forum OPD lebih fokus pada data dan ukuran pencapaian teknis, yang dikembangkan OPD. Seluruh OPD juga diminta untuk menyempurnakan rencana kerja, agar lebih mengakomodir program dan kegiatan di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan.

”Baik dari hasil Musrenbang kecamatan, maupun aspirasi yang disampaikan dewan. Karena, masih ada rencana pembangunan yang mesti dicapai, sesuai dengan RPJMD Kabupaten Bintan,” demikian dikatakan Apri Sujadi.

Plt Kepala Bapelitbang Bintan Mohd Setioso menyatakan, program yang dilakukan harus melihat dan memihak pada kepentingan masyarakat, dengan sisi perencanaan yang berkualitas. Forum OPD menjadi satu proses yang tercantum di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), serta merupakan penjabaran dari visi misi tentang bagaimana merangkum aspirasi masyarakat, yang akan disampaikan dalam Musrenbang Kabupaten Bintan, awal Maret ini.

Baca Juga :  Saking Jengkel, Warga Menyemprotkan Disinfektan di Pelabuhan Tanjunguban

”Ini juga menjadi catatan penting, yang menjadi salah satu indikator penting dalam kesuksesan program,” tutup Setioso.

Forum OPD ini dihadiri Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam, Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo, Wakil Ketua Dewan Agus Hartarto dan anggota dewan lainnya, Sekda Bintan Adi Prihantara, serta seluruh kepala OPD. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here