Januari, Pejabat Baru Dilantik

0
590
Para ASN di lingkup Pemko Tanjungpinang saat mengikuti upacara di halaman Kantor Walikota di Senggarang, baru-baru ini.F-ISTIMEWA

Mutasi Semakin Dekat, ANS Mulai Galau

Pemerintah Kota Tanjungpinang berencana akan melakukan pelantikan pejabat untuk mengisi jabatan eselon III dan IV yang lowong pada Januari ini.

TANJUNGPINANG – Awalnya, pelantikan perdana bagi kabinet H Syahrul-Rahma akan digelar akhir Desember, lalu.

Namun, karena harus melalui sejumlah tahapan atau proses yang membutuhkan waktu yang tidak singkat maka baru bisa digelar Januari ini.

Kini, sejumlah pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemko Tanjungpinang mulai galau. Bahkan mereka seperti tidak semangat dalam menjalankan tugasnya, karena khawatir masuk dalam salah satu pejabat yang akan dimutasi.

Informasi yang dihimpun Tanjungpinang Pos, pejabat eselon III yang bakal dilantik, tidak hanya pejabat dari lingkup Pemko, tapi ada dari luar Pemko Tanjungpinang. Kemudian, mereka yang bakal dilantik banyak yang promosi jabatan, misalnya dari eselon IV naik ke eselon III.

Baca Juga :  Satres Narkoba Amankan Lima Tersangka

Ada 10 jabatan eselon III yang kosong. Mulai Kabag Pemerintahan, Kabag Pembangunan, Kabag Organisasi dan Tata Laksana (Otlak), Sekretaris Diskominfo, Sekretaris Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM dan PTSP), Sekretaris Disdukcapil, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro, Camat Tanjungpinang Barat, Sekretaris Dispora, dan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Kota Tanjungpinang. Semua jabatan yang kosong adalah jabatan penting untuk pelayanan kepada kepada masyarakat.

”Pada awal 2019 jabatan yang kosong akan kami isi. Diawali jabatan eselon III terlebih dahulu, kemudian eselon lainnya,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tanjungpinang, H Tengku Dahlan, kemarin.

Baca Juga :  12 Pemuda Kepri Lulus Seleksi Tamtama

Sambung dia, Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) mulai menilai bagi PNS dilingkungan Pemko Tanjungpinang, yang memenuhi syarat untuk mengisi jabatan yang kosong tersebut. Ia juga menegaskan, setelah pengisian jabatan eselon III, kemudian pengisian jabatan eselen IV dan eselon II akan dilakukan.

Sesuai aturan, Walikota Tanjungpinang H Syahrul baru boleh melantik pejabat eselon II, III dan IV, atau pengeseran/mutasi jabatan, bulan April mendatang, tanpa harus minta izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Karena, April nanti H Syahrul sudah enam bulan menjabat sebagai Walikota, sebagai amanat Undang-Undang.

”Tapi kalau mengisi kekosongan, memang kita minta izin kepada Mendagri, tapi tidak serumit kalau melantik pejabat atau mutasi sebelum enam bulan dilantik. Kekosongan jabatan harus diisi segera mungkin demi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Baca Juga :  Selisih Data Penduduk Mencapai 54.000

Sedangkan untuk pejabat eselon II, bisa saja April mendatang baru dilakukan lelang jabatan atau open bidding.

Pegawai dari luar Pemko, bisa saja mengikuti open bidding. ”Kalau ada pejabat yang dari luar, kalau syaratnya sudah memenuhi sesuai syarat yang akan diumumkan nanti, ASN darimana saja boleh mengikuti lelang jabatan,” ujarnya. (ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here