Jelang Liburan, Pengurus Paspor Membeludak

0
467
WARGA antre untuk mendapatkan pelayanan pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Tanjungpinang, Rabu (12/12) kemarin.f-yendi/tanjungpinang pos

Jumlah pengurus paspor di Kantor Imigrasi Tanjungpinang membeludak, sejak awal Desember lalu. Pengurus paspor meningkat dibandingkan sebelumnya, karena menjelang masa liburan.

TANJUNGPINANG – Seorang warga Apeng (45) mengatakan, dirinya mengurus paspor untuk keluarganya, anak dan istri. Dalam pengurusan paspor ini, pelayanan dari pihak Imigrasi tetap maksimal. Bagi warga yang mengurus paspor, tidak ada kendala. Karena, pengurusan sesuai dengan prosedur.

”Asalkan kita siapkan syaratnya, tak ada masalah. Untuk pendaftaran, bisa langsung ke Kantor Imigrasi, bisa juga via online. Tapi, saya urus paspor buat anak dan istri, daftarnya langsung ke Kantor Imigrasi,” ujar Apeng, Rabu (12/12) kemarin.

Baca Juga :  Hasil Panen Nelayan Melimpah

Menurut Apeng, jumlah pengurus paspor saat ini, sangat banyak. Jika dilihat dari pendaftar dan antrean di ruang tunggu, kenaikan bisa mencapai 200 persen dibandingkan bulan lalu.

”Tapi kondisi jelang akhir tahun ini, sudah biasa. Banyak yang urus paspor, sampai-sampai membeludak. Tapi pelayanan tetap bagus kok,” ujarnya.

Dalam pembuatan paspor ini, pihak Imigrasi memberikan pelayanan sesuai dengan prosedur. Untuk pembuatan paspor baru, harus melengkapi persyaratan seperti fotokopi KTP, KK dan ijazah terakhir sambil membawa yang asli. Khusus untuk pembuatan paspor anak, mesti melampirkan surat nikah dan KTP kedua orangtua anak.

Baca Juga :  Warga Habiskan Rp 300 Ribu Membeli Air Bersih

”Kalau untuk perpanjangan paspor, ini lebih mudah lagi. Pengurus cukup membawa paspor lama dan KTP si pemilik. Kalau waktu penyelesaian paspornya, itu tergantung dengan sistem online di pusat,” kata Army, seorang pegawai Imigrasi mewakili Onki Juanda Kepala kantor Imigrasi Tanjungpinang, kemarin.

”Mengenai pengurus paspor saat ini, memang membeludak. Maklum lah, menjelang libur anak sekolah, Natal dan Tahun Baru. Banyak warga yang ingin bepergian ke luar negeri,” tambahnya. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here