Jerat Kasus Calo, Polisi Bingung Cari Pasal

0
813
Suasana penumpang arus mudik lebaran Idul Fitri di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, lalu. F-YENDI/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Penyidik Saber Pungli Kota Tanjungpinang masih mendalami pasal apa yang cocok untuk tersangka Operasi Tangkap Tangan (OTT) calo tiket kapal feri di Pelabuhan Sri Bintan Pura, saat arus mudik Lebaran Idul Fitri, lalu.

Ketua Saber Pungli Kota Tanjungpinang, Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika mengatakan, ia masih belum bisa memutuskan, pasal berapa yang akan diberikan kepada tersangka. Ia masih membahasnya bersama dengan masing- masing pokja di Saber Pungli.

”Di bagian penindakan kemarin ada yang melakukan OTT di Pelabuhan Sribintan Pura. Tersangka menaikkan harga tiket kapal di atas harga normal saat arus mudik lebaran, kemarin. Kita masih proses,” katanya, Kamis (2/8).

Joni berharap agar penyidik untuk mendalami lagi hal-hal yang terkait baik dari keterangan saksi dan alat-alat bukti lainnya. Menurutnya, apakah ini masuk dalam rana pidana atau hanya sanksi administratif saja.

”Jika masuk dalam pidana, maka harus ada unsur-unsur yang masuk dalam penerapan pasal KUHP ataupun tidak. Dari awal penyidik telah menetapkan dengan pasal 368,” sebut Kompol I Gede Ngurah Joni, juga menjabat Waka Polres Tanjungpinang.

Waka Polres menuturkan, jika tidak masuk dalam pasal 368 maka diganti dengan pasal pelayanan. Sedangkan, untuk pengganti itu, dari penyidik akan mempelajari terlebih dahulu. Namun, bila tidak ada pidananya saksi administrasi itu harus diterapkan.

”Kita berikan kesempatan kepada penyidik untuk mendalami lagi proses pemeriksaannya agar kedepannya penyidik dalam pemberkasan tidak mengalami kendala, kita harus menerapkan secara pas pasal apa pada perkara tersebut,” tuturnya.

Lanjutnya, ia juga membahas pada bagian pencegahan juga harus aktif dalam hal sosialisasi di tempat tempat umum dan kita juga akan turun ke pelabuhan mendatangi agen-agen kapal agar hal seperti pungli tidak terulang kembali.

Sebelumnya, tim Saber Pungli Polres Tanjungpinang mengamankan pelaku kasus calo tiket dari di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP). Namun, pihaknya masih melakukan pendalaman pada kasus ini dan terduga sebagai pelaku calo tiket sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Dari kasus dugaan pungli pada calo tiket tim Saber Pungli Polres Tanjungpinang mengamankan uang tunai sekitar Rp8 juta dari pelaku. Calo tiket ini menjual dan menaikan harga tiket kepada penumpang dengan tujuan Tembilahan, Riau dengan kapal Rizki Fajar dengan harga mahal diatas harga normal. Sedangkan kapal lainnya harga tiketnya normal. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here