Jumat, Pengumuman Kelulusan SMP

0
842
SISWA SMPN 12 Tanjungpinang saat menunpang Ujian Nasional di SMKN 4 Batu 14 Tanjungpinang, April lalu. F-martunas/tanjungpinang pos

Dadang Minta Siswa Tetap Tenang

Pengumuman kelulusan SMP/MTs se-Tanjungpinang akan dilakukan, Jumat (25/5) nanti. Sedangkan pengumuman kelulusan siswa SD sederajat dilakukan, tanggal 4 Juni. Siswa pun diharap tetap tenang menjelang pengumuman. Dan pengumuman dilakukan di sekolah.

TANJUNGPINANG – KEPALA Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dadang AG mengatakan, harusnya pengumuman untuk siswa Kelas III SMP sederajat dilakukan tanggal 13 Mei nanti.

Namun, karena data dari Kementerian Pendidikan Kebudayaaan (Kemendikbud) RI ada penundaan pengiriman selama dua hari, sehingga pengumuman kelulusan SMP juga ditunda dua hari.

Kelulusan siswa Kelas III SMP sederajat tetap dilakukan seperti pengumuman kelulusan SMA sederajat sebelumnya yakni di sekolah masing-masing. Dan siswa tidak diperkenankan untuk konvoi usai mendapatkan hasil lulus atau tidak.

”Nanti diumumkan seperti biasa dan siswa sendiri yang datang ke sekolah untuk melihat hasil pengumuman apakah dirinya lulus atau tidak. Bagi yang lanjutkan sekolahnya dan bagi yang belum lulus, tetaplah mengulang. Jangan patah semangat,” pesan Dadang melalui Tanjungpinang Pos, kemarin saat dihubungi via ponselnya.

Penentu kelulusan saat ini berada di tangan pihak sekolah. Dan Ujian Nasional (UN) tidak lagi penentu kelulusan. Namun, siswa tetap wajib mengikuti ujian nasional karena itu salah satu syarat mutlak yang wajib dilalui siswa Kelas III jika ingin tamat.

Penentu kelulusan adalah nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Kemudian dilihat dari sikapnya selama ini apakah baik atau tidak serta harus mengikuti ujian nasional. Inilah yang diolah guru untuk menentukan seseorang siswa itu lulus atau tidak.

Dadang mengatakan, bagi siswa yang sudah lulus nanti akan diberikan surat keterangan pengganti ijazah. Sebab, blanko ijazah belum dikirim dari pusat. Surat keterangan inilah nanti yang akan digunakan siswa untuk mendaftar ke SMA/SMK atau MAN.

Dadang belum bisa memastikan kapan siswa Kelas III SMP sederajat di Kota Tanjungpinang akan menerima ijazah dan Surat Hasil Ujian Nasional (SHUN). Sebab, blanko ijazah itu dari Kemendikbud. Pihak sekolah hanya mengisi sesuai hasil USBN dan diteken kepala sekolahnya masing-masing.

siswa Kelas III SMP/MTs se-Indonesia mengikuti Ujian Nasional (UN) baik itu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Pensil Kertas (UNPK) pada, Senin (23/4)lalu .

Total siswa SMP/MTs se-Kepri yang mengikuti UN sekitar 29.150 orang. Mereka mengikuti ujian selama empat hari.

Untuk sekolah yang menyelenggarakan UNBK, ujian dilakukan dua hingga tiga sesi sehari mengingat terbatasnya komputer dan bahkan banyak yang masih sekolah yang menumpang ujian di SMA/SMK karena belum ada komputer di sekolahnya.

Di Tanjungpinang, dari 27 SMP/MTs yang ada, 5 sekolah menggelar UNPK dan 22 sekolah menggelar UNBK. Diantara sekolah yang menggelar UNBK, masih banyak diantaranya yang menumpang di sekolah lain.

Berdasarkan data dari Kepala Dinas Pendidikan Pemko Tanjungpinang, Dadang AG, dari 22 sekolah yang menggelar UNBK di Tanjungpinang, hanya 7 sekolah yang mandiri menggelar UNBK di sekolahnya. Sedangkan 15 sekolah lainnya menumpang di sekolah lain.

Adapun SMP yang UNBK mandiri yakni, SMPN 1, SMP swasta Katolik, SMP swasta Pelnusa, SMP swasta Maitreyawira.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here