Kader KAMMI Turut Pelajari Budaya Melayu

0
294
FOTO bersama usai penutupan kegiatan National Leadership Training (NLT) KAMMI di tangga depan Masjid Sultan Riau di Pulau Penyengat, pekan lalu. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kepulauan Riau (Kepri) berupaya untuk melahirkan pemimpin hebat untuk masa depan.

Untuk wujudkan hal itu, KAMMI menggelar kegiatan National Leadership Training (NLT) di Gedung LPMP Kepri, Selasa (14/1) hingga Minggu (19/1) pekan lalu.

Pada penutupan National Leadership Training, dilaksanakan di Pulau Penyengat Tanjungpinang. National Leadership Training adalah, salah agenda yang selalu dilakukan oleh KAMMI dalam upaya untuk melahirkan kader-kader pemimpin untuk Indonesia.

Dalam pelaksanaan NLT di Kepri ini, kader KAMMI diberikan berbagai macam materi mulai dari materi kenegaraan, advokasi pemerintah, belajar sistem negara. ”Itu semua bertujuan untuk mencerdaskan kader agar paham tentang negara. Kemudian narasumber yang hadir juga tidak kalah hebat ada dari kalangan akademisi, anggota DPRD, pengamat politik dan lainnya,” tutur salah satu instruktur acara, Imron Nadi.

Karena berada di Tanah Melayu, maka KAMMI juga menambah 1 materi lokal yaitu tentang kebudayaan Melayu.

Tujuan dari materi ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada kader KAMMI Kepri, tentang bagaimana budaya Melayu bisa dikenang dan dicintai pemuda.

Sehingga budaya itu tidak hilang dimakan masa dan usia, dikerenakan tidak ada generasi yang paham dengan budaya.

”NLT KAMMI Kepri ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada kader KAMMI Kepri agar nantinya bisa menjadi pemimpin masa depan Indonesia dari tanah Melayu Provinsi Kepri,” kata Gilang, Ketua umum pengurus wilayah KAMMI Kepri.

Penutupan NLT KAMMI Kepri yang dilakukan di Pulau Penyengat untuk mengambil momentum agar kader KAMMI dapat meneladani dan mengambil semangat serta terus mengingat sejarah perjuangan bangsa Melayu, dalam memerdekakan kerajaan dan bangsa dari penjajahan bangsa asing.

Sebelumnya, KAMMI Komisariat Segantang Lada, Bulang Linggi, dan Gurindam12 di bawah naungan Kaderisasi Pengurus Daerah Tanjungpinang telah mengadakan sharing session, Minggu (12/1) di Taman Batu 10 Tanjungpinang.

Sharing session dengan tema ‘Coming Soon DM2 Sudah Siapkah Anda’ itu dilakukan untuk para AB1 (Anggota Biasa 1) agar mengetahui bagaimana persiapan untuk mengikuti jenjang pengkaderan selanjutnya yaitu DM2 (Dauroh Marhalah 2).

Menurut Seri selaku staf kaderisasi Pengurus Daerah Tanjungpinang, kegiatan tersebut sangat bagus dilakukan karena dapat memberikan motivasi kepada kader-kader AB 1 yang akan menuju ke jenjang pengkaderan selanjutnya.

KAMMI adalah salah satu organisasi kemahasiswaan di Indonesia.
KAMMI sebagai organisasi mahasiswa muslim lahir di era reformasi pada tanggal 29 Maret 1998 yang bertepatan dengan 01 Dzulhijjah 1418 H di Kota Malang, Jawa Timur.

KAMMI memiliki anggota yang tersebar di hampir seluruh Perguruan Tinggi seluruh Indonesia dan telah memberikan sumbangsih prestasi, baik sebagai pemimpin kampus (Ketua BEM) sampai dengan mahasiswa berprestasi.

KAMMI muncul sebagai salah satu kekuatan alternatif mahasiswa yang berbasis mahasiswa muslim dengan mengambil momentum pada pelaksanaan Forum Silahturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FS-LDK) X se-Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here