Kapal Barang Bermuatan Kelapa dan Pisang Kandas

0
172
Buah pisang terdampar di Pantai Pulau Berhala setelah kapal yang mengangkutnya kandas perairan tersebut. F-istimewa

LINGGA – Polair Polres Lingga mengevakuasi kru pompong Hikmah Jaya GT 30 yang di Nahkodai Kahar (41) di perairan Pulau Berhala, Senin (2/9) sekitar Pukul 02.00 WIB.

Diketahui, tdak ada korban jiwa atas kejadian ini. Kerugian dari kapal bermuatan 15.000 buah kelapa dan 10 ton pisang ditaksir senilai Rp70 juta.

Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho melalui Kasat Polair AKP Nurman, menuturkan, kapal tersebut berlayar dari Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Di tengah perjalanan lambung kapal bocor dan hampir menenggelamkan kapal tersbeut.

“Benar ada kejadian laka laut diperairan Berhala. Tidak ada korban jiwa, anak buah kapal berhasil di evakuasi oleh Polair Polres Lingga beserta masyarakat Desa Berhala dan hingga malam ini anggota Polair masih berada di Desa Berhala,” tuturnya.

Dikatakan, kapal tersebut mengalami musibah di Titik Koordinat : 0°51′.918″S- 104°24′.230″E.

“Lambung kapal bocor karena cuaca buruk dan angin kuat,” terangnya.

Menurut keterangan korban, nakhoda kapal mengambil keputusan mengarahkan kapal ke Pantai Desa Berhala Kecamatan Singkep Selatan agar kapal tidak terbalik dan tenggelam. Sekitar pukul 07.00 Wib kapal berhasil mendekati Pulau Berhala dan kandas di batu karang lebih kurang satu mill dari bibir pantai.

“Masyarakat Desa Berhala membantu evakuasi anak buah kapal, sedangkan sejumlah muatan sempat terbawa arus ke bibir pantai di sekitar Kecamatan Singkep Selatan.” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here