Kapal Baru Angkut 400 Penumpang

0
10014
SALAH satu kapal Oceannya yang akan digunakan melayari Batam-Johor. Kapal tersebut masih ujicoba.f-istimewa

Oceanna Group Perluas Pelayaran Hingga Johor

Operator pelayaran Baruna-Oceanna berkembang pesat. Setelah sebelumnya mengganti semua kapal fibernya menjadi aluminium dengan jumlah belasan unit, kini Oceanna Group kembali membangun kapal baru.

TANJUNGPINANG – KAPAL-KAPAL yang dibangun Oceanna group ini super nyaman, kapasitas besar dan posisi tempat duduk yang disesuaikan dengan ukuran warga Indonesia sehingga nyaman duduk di dalamnya.

Berkat kepercayaan penumpang kepada pengelola kapal ini, perusahaan tersebut kini kembali merambah bisnis baru. Oceannya akan melayani rute internasional dari Batam ke Johor, Malaysia.

Ketika hal ini ditanyakan ke Efendi alias Asai, Kepala Operasional MV Baruna di Tanjungpinang, ia mengatakan mereka sedang merintis rute Batam-Situlang Laut Johor dan Batam-Putri Harbour Johor.

Saat ini, kapalnya sudah ada dan sedang ujicoba. ”Baru itu, sekitar dua minggu. Kita ujicoba dulu Tanjungpinang (Pelabuhan Sribintan Pura) Batam (Pelabuhan Telaga Punggur),” ujar Asai via ponselnya, Selasa (6/2).

Ia berharap rute yang mereka buka Batam-Johor penumpangnya ramai sehingga bisa mengembalikan modal pengadaan kapal itu. Karena harga kapal tersebut cukup mahal.

Dilihat dari lama perjalanan di laut, lebih menguntungkan jika perusahaan tersebut melayani rute luar negeri. Contohnya, ongkos Tanjungpinang-Batam Rp 57.500 per orang dengan perjalanan sekitar 1 jam. Sedangkan perjalanan sekitar 1,5-2 jam ke luar negeri, ongkosnya bisa Rp 200 ribu per orang.

Baca Juga :  Pesawat Ethiopia Airlines Dipaksa Mendarat

Warga Anambas juga menyambut baik akan rencana hadirnya transportasi kapal feri baru yakni Mv Oceanna 175 ke daerah itu. Kapal feri tersebut kini tengah uji coba pelayaran (Sea Trial), sebelum beroperasi skala penuh melayani rute baru.

Menurut informasi yang tertulis di akun grup media Sosial (Medsos) Facebook MV. Oceanna Grup, tertulis akan melayani rute Tanjungpinang-Batam-Letung-Tarempa-Ranai pulang pergi (PP).

Selain itu, pihak perusahan dikabarkan tengah menguji kapal dengan melintas di perairan rute yang akan dilayani. Gunawan Dair, warga asal Tarempa yang tinggal di Tanjungpinang mengatakan, menyambut baik rencana perusahaan pelayaran Oceanna Grup untuk berlayar melayani rute ke kampung halamannya.

Hanya saja, ia berharap tidak hanya sekedar wacana belaka tanpa ada realisasinya. Sebab, dengan menampilkan gambar kapal yang memiliki karakteristik teknis berlambung dua itu dapat menjawab kekurangan transportasi warga Anambas serta Natuna.

Baca Juga :  SMSI Bagian dari Ekosistem Pariwisata Indonesia

”Kita senang ada penambahan armada transportasi laut seperti feri MV Oceanna 175. Karena yang ada saat ini, masih sangat kurang dan tidak mampu melayani gelombang peningkatan penumpang pada hari-hari libur besar seperti Idul Fitri dan liburan sekolah,” jelas Gunawan.

Ia menambahkan, saat ini hanya ada feri cepat seperti MV Batavia yang berangkat dari Pelabuhan Sribintan Pura. Selain itu, juga ada kapal perintis Km Sabuk Nusantara dan KM Bukit Raya serta armada perintis swasta lainnya.

Sehingga, lanjut Gunawan, perlu ada penambahan armada feri cepat agar tidak berjam-jam hingga berhari-hari berada di kapal.

Walau pun, rencana penambahan armada MV Oceanna 175 ini dianggap masih kurang tetapi lumayan membantu masyarakat kepulauan seperti Anambas dan Natuna untuk pulang ke kampung halaman dengan armada yang nyaman.

”Jika dilihat dari gambar pada akun medsos Facebook MV Oceanna Grup, kapal tersebut bisa mengangkut banyak penumpang. Dengan memiliki lambung ganda, tentunya mampu mengarungi kondisi perairan saat gelombang tinggi. Itu hanya perkiraan saya, tetapi kita percaya kepada perusahaan kapal itu yang membangun kapal sesuai dengan karakteristik perairan yang akan dilalui nantinya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Goro Selesai, TMMD di Sembulang Ditutup Danlantamal

Rencana penambahan transportasi berupa kapal feri, juga direspon gembira oleh mahasiswa asli Anambas yang menempuh ilmu di perguruan tinggi di Tanjungpinang.

Khaidir, salah satu mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mengaku bangga akan beroperasinya MV Oceanna 175.

Menurut Khaidir, rencana itu akan membantu masyarakat serta mahasiswa/i yang ingin pulang kampung saat libur kuliah. ”Saya dan mahasiswa/i asal Anambas senang adanya kapal baru itu. Sehingga, kami tidak mesti menunggu lama untuk pulang kampung,” ujar Khaidir.

Namun yang terpenting, kata Khaidir, pihak perusahaan mau menyiapkan sarana khusus untuk warga sakit yang akan berobat keluar Anambas ke Tanjungpinang serta Batam.

Terkait informasi yang disampaikan sejumlah warga Anambas ini, Asai mengatakan, mereka tidak buka rute ke sana. ”Bukan ke sana, tapi Batam-Johor. Itu rencana kita. Jadi saya sampaikan, bukan rute ke sana,” ungkapnya.(ADLY-MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here