Kapan Terapkan Parkir Stiker?

0
763
BERTEMU JURU PARKIR: Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah saat bertemu dengan juru Parkir di Jalan Merdeka, Kota Lama, Tanjungpinang belum lama ini. F-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

Yth anggota DPRD Kota Tanjungpinang, saya ingin menayakan bagaimana penerimaan daerah dari retribusi parkir. Sebelumnya, Pemko berkomitmen ingin menerapkan parkir bulanan, tapi sampai kini belum ada kabar.
+6281276003861

Tanggapan:
Terima kasih untuk pertanyannya, kami dari komisi II DPRD Tanjungpinang sangat setuju bila Pemko melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Tanjungpinang merealisasikan sistem pembayaran parkir bulanan dengan stiker.

Awal tahun sempat diinformasikan Kadishub sebelumnya, Wan Samsi akan diterapkan di 2017 ini. Hanya saja, hingga Mei ini memang belum ada reasliasikan. Pihak Komisi II menyetujui penerapan sistem parkir bulanan dengan beberapa alasan. Diantaranya pendapatan kedaerah setiap bulan akan terukur sesuai dengan penjualan stiker.

Baca Juga :  Mana Lahan untuk Investor?

Saya meyakini pendapatan dari retribusi parkir besar. Asal dikelola dengan benar dan serius. Jika tidak, maka pendapatan tidak maksimal seperti saat ini. Dicontohkannya saja, target 2016 lalu senilai Rp 1,2 milir tidak teralisasi. Padahal, jika sistem stiker bulanan di jalankan maka saya yakin target pendapatan tercapai bahkan bisa lebih.

Meski demikian sudah meningkat bila dibandingkan 2014 dan 2015 lalu yang hanya Rp 400-600 juta pertahun. Pendapatan ini meningkat setelag, Perda terkait pengelolaan parkir diganti, dari sebelumnya lelang kini menggunakan karcis. Maka saya juga berpendapat pendatapan akan lebih meningkat lagi bila jadi menerapkan sistem stiker bulanan.

Baca Juga :  Pulau Bintan Dianaktirikan

Saya juga heran kenapa Dishub belum menerapkan, padahal acuan sesuai Perda sudah ada. Terkait hal ini, kami dari komisi II akan memanggil OPD terkait untuk meminta penjelasan.

Keuntungan lainnya yang mungkin dirasakan yaitu tidak ada lagi keluhan dari Dishub, juru parkir nakal karena tak memberikan karcis, sebab menggunakan stiket jangka waktunya sudah jelas dan pembayaran sesuai ketetapan.

Serta saya rasa juga akan memudahkan masyarakat, sebab tidak perlu setiap memarkirkan kendaraannya menyediakan uang parkir. Sebab sudah dibayarkan secara langsung setiap bulan atau tahun. ***

Baca Juga :  Pejabat Jangan Malas-malasan

Pepy Candra
Anggota Komisi II DPRD Tanjungpinang

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here