Keberadaan PRB Belum Maksimal

0
598
SALAH satu tower diharapkan bisa berfungsi normal untuk kebutuhan komunikasi. F-hardiansyah/tanjungpinang pos

Hingga kini keberadaan Palapa Ring Barat (PRB) di Natuna masih dipandang sebelah mata oleh provider, sehingga masyarakat Natuna belum bisa mengakses jaringan telekomunikasi dengan maksimal.

NATUNA – Seharusnya, keberadaan PRB bisa dimanfaatkan oleh sejumlah provider yang saat ini beroperasi di Natuna untuk meningkatkan layanan telekomunikasi kepada masyarakat.

Sejauh ini, perusahaan penyedia jasa telekomunikasi masih cenderung menggunakan layanan Visat ketimbang jaringan fiber optik.

Padahal, tujuan Kementerian Kominfo membangun PRB untuk memperkuat jaringan telekomunikasi di wilayah wilayah perbatasan bagian barat.

”Percuma ada PRB, kalau kami yang di pelosok ini belum bisa mengakses dan menikmati internet cepat. Sementaral, jaringan sinyal yang ada masih naik turun,” kata Bujang Har di Ranai, Selasa (27/11).

Ia menuturkan, jaringan PRB hanya bisa askes di seputaran kota Ranai saja. Sedangkan, untuk wilayah kecamatan kepulauan masih jauh dari sentuhan PRB.

Baca Juga :  Puskesmas Serasan Gagal Direnovasi

”Kapan kami ini bisa menikmati jaringan PRB. Padahal, pemerintah sudah mengeluarin duit banyak untuk bangun PRB,” keluhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Natuna Raja Darmika membenarkan hal di atas.

Menurutnya, sejauh ini ada sejumlah perusahaan yang mempergunakan jaringan fiber optik PRB.

Ia menyebutkan, perusahaan yang sudah menggunakan jaringan fiber optik itu diantaranya PT Telkom, PT Telkomsel dan PT Moratel untuk layanan 4G.

”Tapi tahun ini baru untuk seputaran Ranai. Kalau diluar itu belum,” katanya.

Tahun depan, kata Raja Darmika, akan ada pengembangan layanan jaringan internet 4G di seputaran pulau Bunguran melalui penambahan 14 tower BTS.

”Insya Allah, tahun depan ada perluasan jaringan internet di pulau bunguran. Masyarakat yang di pula pulau sabar dulu, karena kita sedang intens koordinasi dengan pusat,” pungkasnya.

Baca Juga :  TNI AL Libatkan Warga Tangkal Ancaman

Pada pemberitaan sebelumnya, dikabarkan provider Smartfren akan membangun 14 titik Base Transceiver Station (BTS) 4G di Natuna.

Namun, dari jumlah itu sudah ada beberapa BTS yang telah selesai pekerjaannya. Berdasarkan keterangan dari pihak Smartfren, mereka sedang gencar membangun sejumlah fasilitas pendukung.

Mulai dari 14 BTS, serta pembangunan jaringan Wifi Box 4G untuk masyarakat natuna.

”Alhamdulillah, pembangunan telekomunikasi di natuna terus berkembang, salah satunya adalah Smartfren akan menghiasi dunia telekomunikasi di natuna,” kata Kadiskominfo Natuna, Raja Darmika di gunung Ranai, Minggu (25/11).

Dari 14 titik BTS, lanjut Darmika, ada 5 BTS yang sudah selesai pekerjaannya pemasangan diantaranya, dijalan Khatib Hasyim, kelurahan Ranai Darat, jalan Adam Malik, Kelurahan Bandarsyah, jalan Dewi Sartika, kelurahan Ranai, jalan raya Kompi Senapan, Desa Sepempang, jalan Dusun Lada Hitam, Desa Cemaga.

Baca Juga :  Kapal Sipil Pakai Radar Kapal Perang

Dengan adanya Smartfren bangun 14 BTS 4G di Natuna, agar Fiber Optik Palapa Ring Barat yang berada di ibukota natuna ini dapat dimanfaatkan secara maksimal.

”Kita ingin dengan banyaknya provider yang mengembangkan jaringannya di Natuna, bisa memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat,” jelasnya.

Untuk saat ini, pembangunan BTS yang dilakukan operator masih diwilayah pulau bunguran besar. Mudah-mudahan bisa menjangkau, setiap pelosok yang masih blankspot.

”Kita cuma bisa berharap, semoga saja pihak operator mau mengembangkan tidak hanya di penduduk yang padat saja, tapi mau juga di pulau-pulau lainnya,” tutupnya. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here