KEK Harus Terbangun Tiga Tahun

0
875
ISTIRAHAT: Nelayan istirahat di atas kapal saat kapal sedang tidak melaut. Foto diambil di Pelantar Kampung Bugis Tanjungpinang, baru-baru ini.f-suhardi/tanjungpinang pos

Satu-satunya di Kepri

PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) Bintan diberi waktu tiga tahun untuk menuntaskan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang Bintan yang dikelolanya.

BINTAN – WAKTU yang diberikan ke PT BAI termasuk singkat mengingat pembangunan KEK biasanya membutuhkan waktu sekitar tujuh sampai sepuluh tahun.

Sebab, diperlukan berbagai kelengkapan, dimulai dari rencana tata ruang yang komprehensif hingga ketersediaan infrastruktur yang mumpuni. Bupati Bintan H Apri Sujadi menjelaskan, berdasarkan PP RI No.42 Tahun 2017 tentang KEK Galang Batang dinyatakan, PT BAI selaku badan usaha harus melakukan pembangunan sampai siap beroperasi, setidaknya dalam jangka waktu paling lama tiga tahun sejak Peraturan Pemerintah ini diundangkan. Selanjutnya, Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus dapat melakukan evaluasi setiap tahun terhadap pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang.

Baca Juga :  Jalan Layang Simpang Kabil Dibangun Tahun Ini

”Tiga tahun, Kawasan Ekonomi Khusus ini harus terbangun,” tegas H Apri Sujadi, sebelum mengikuti Rakornas Seluruh Kepala Daerah bersama Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (24/10).

Apabila berdasarkan hasil evaluasi pada tahun ketiga pelaksanaan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang belum siap beroperasi, maka Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus dapat melakukan perubahan luas wilayah atau zona.

Juga memberikan perpanjangan waktu paling lama dua tahun melakukan penggantian badan usaha, mengusulkan pembatalan dan pencabutan Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang.

Dalam Peraturan Pemerintah nomor 42 Tahun 2017 yang diundangkan 12 Oktober 2017 ini, sudah tercantum perihal kewajiban, tujuan, batas wilayah hingga kewenangan pemerintah dan badan usaha, dalam pengembangan dan kemajuan Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang.

Baca Juga :  Bangun Home Stay di Teluk Keriting

”Peraturan Pemerintah ini juga mulai berlaku sejak tanggal diundangkan sesuai bunyi Pasal 7,” tambahnya Apri.

Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang sebagaimana dimaksud memiliki luas 2.333,6 hektare yang terletak dalam wilayah Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.

Dalam Pasal 4 telah ditetapkan, kawasan KEK Galang Batang akan dibangun atas 4 zona, yang terdiri Zona Pengolahan Ekspor, Zona Logistik, Zona Industri dan Zona Energi.

Dalam Peraturan Pemerintah tersebut dijelaskan bahwa PT BAI sebagai pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan di Bidang Kawasan Ekonomi Khusus.

Baca Juga :  Sultan Mahmud IV, Anggota Organisasi Rahasia

Pengusulan pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang yang telah diajukan oleh Bupati Bintan juga telah memenuhi kriteria dan telah melengkapi persyaratan pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 39/2009 tentang Kawasan Ekonomi Khusus, pasal 7 Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus, sebagaimana telah diubah dengan PP nomor 100/2012 tentang Perubahan Atas PP No.2 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan KEK.(YUSFREYENDI-MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here