KEK Kepri Sudah Ada Investornya

0
1038
Arif Fadillah

TANJUNGPINANG – Dua wilayah yang akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kepri yakni Pulau Asam Karimun dan Galang Batang Bintan sudah ada investornya.

Malah, di Pulau Asam Karimun, sudah ada tiga investor yang siap membuka usaha. Masing-masing investor bergerak di bidang usaha yang berbeda namun saling ada keterkaitan.

Pulau ini rencananya akan dibuat depo gas terbesar di Kepri serta dilengkapi pelabuhan sendiri. Sedangkan di Galang Batang Bintan dijadikan smelter.

Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah mengatakan, selain dua kawasan ini, diusulkan juga beberapa pulau di Karimun agar dijadikan KEK.

Baca Juga :  Pelaku K-UMKM Kepri Malas Meminjam

Namun usulan itu belum direspon positif Kementerian Koordinator Ekonomi lantaran belum ada investor yang akan berinvestasi di sana.

Diakui Arif, penetapan dua KEK di Kepri tergolong lambat dibandingkan Lhoksumawe Aceh yang sudah di-SK-kan menjadi KEK. Padahal pengusulannya sama.

”Saya kebetulan kenal gubernurnya. Pas jumpa di Jakarta, beliau mengatakan, pak sekda, KEK kami sudah ditetapkan. Saya pun kaget dan melapor ke pak gubernur kita,” ujar Arif, baru-baru ini di Dompak.

Mendapat laporan dari sekdaprov, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun langsung menemui Darmin Nasution, Kemenko Perekonomian.

Baca Juga :  Desember, Menara Masjid Dompak Dibuka

Saat itu Darmin meminta agar syarat-syarat yang dibutuhkan segera dilengkapi. Misalnya penetapan bebas dari hutan lindung. Kemudian dipesankan, KEK tidak bisa seluruhnya dibangun.

”30 persen wajib disisakan untuk penghijauan. Itu aturannya. Dan lahan itu sifatnya sewa serta bisa diperpanjang,” tambahnya.

Dari sewa lahan ini, akan ada pemasukan untuk negara. Daerah juga kebagian meski sedikit. Namun tetap ada retribusi dari perizinan.

Saat ini, salah satu upaya menarik investor adalah dengan membuat beberapa kawasan atau pulau menjadi KEK. Dengan demikian, lahan yang ada bisa lebih bermanfaat serta membuka lapangan kerja baru.

Baca Juga :  Pulau di Bintan Dijual ke Luar Negeri

Batam yang saat ini sudah ditetapkan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas atau Free Trade Zone (FTZ), rencananya akan dijadikan juga KEK terutama kawasan industri.

Namun, belum diketahui kapan akan terealisasi. Penetapan KEK melalui PP (Peraturan Pemerintah). Penetapan KEK ke depan menjadi harapan baru bagi Kepri. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here