Kelompok Tani Mulai Panen Cabai

0
855
PANEN: H Lis Darmansyah memetik cabai merah di kebun masyarakat. f-ist/humas pemko tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah melakukan panen perdana dan Penanaman Lanjutan cabai merah Pertanian Terpadu Total Organik, Minggu (19/3).

Kebun ini merupakan hasil kerjasama pihak Bank Indonesaia (BI) bersama Pemerintah Daerah Kota Tanjungpinang yang dikelola oleh Kelompok Tani Maju Jaya Kampung Sidomulyo Kelurahan Batu IX.

Saat panen perdana, H Lis Darmansyah didampingi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Raizal Eka Putra, Ketua Tim Pengerak PKK Kota Tanjungpinang Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, dan camat Tanjungpinang Timur, lurah Bt IX.

Lis mengharapkan, kegiatan ini dapat berkelanjutan, sehingga pertanian terpadu organik dapat menjadi salah satu sektor yang dapat menjaga komoditas ketahanan pangan di Kota Tanjungpinang.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat berkelanjutan sehingga dapat menghasilkan hasil panen yang baik dan semaksimal mungkin.

Baca Juga :  Lis Minta Promosikan Pariwisata Melalui Instagram

Politisi PDI Perjuangan ini inginkan pemerintah daerah harus dapat mengorganisir pemasaran hasil panen tersebut, sehingga tidak terjadi frustasi harga terhadap komuditas ini, karena stabilitas harga sangatlah penting dalam mempengaruhi perkembangan perekonomian di Kota Tanjungpinang. Serta menguntungkan bagi para petani tersebut.

Selain itu kata Lis, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga memiliki lahan 4,5 hektare yang nantinya dapat di pergunakan oleh para petani untuk di manfaatkan sebagai lahan pertanian. Hal ini dilakukan oleh pemerintah agar ke depan dapat lebih meningkatkan perekonomian di Tanjungpinang.

”Kita mengajak masyarakat untuk dapat terus membangun komunikasi dengan pihak pemerintah seperti perangkat RT/RW, lurah beserta camat, karena pada saat ini pemerintah terus berupaya untuk mengali informasi agar dapat melahirkan program yang benar-benar dapat di rasakan oleh masyarakat,” tegas Lis Darmansyah, kemarin.

Baca Juga :  Minggu Depan, BUMN Gelar Pasar Murah

Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepri, Gusti mengatakan, tahun 2016 yang lalu BI sudah melaunching dua kegiatan yang berkaitan dengan sosial masyarakat.

Di antaranya Pertanian Terpadu Organik yang dikelola oleh Kelompok Tani Maju Jaya Kampung Sido Mulyo ini.

Kegiatan ini, merupakan tahapan awal yang dilakukan oleh BI dan juga akan menjadi percontoh pertama di Provinsi Kepri.

”Kami berharap ini dapat terus di kembangakan lebih banyak lagi,” tegasnya.

”Kita sangat mengharapkan dengan adanya kegiatan menanam cabai merah ini dapat mengurangi inflasi pemerintah terhadap cabai merah, sehingga cabai merah ini tidak lagi menjadi penyumbang inflasi tertinggi di Kota Tanjungpinang,” harapnya

Baca Juga :  10.169 RTS Dapat Sembako Gratis dari Pemko

Gusti berharap kelompok tani ini dapat terus maju memgembangkan lahan pertanian ini sehingga dapat mensejahterakan kebutuhan masyarakat di Kota Tanjungpinang.

BI juga akan terus berupaya dalam mengembangkan dan membina kelompok tani ini agar dapat memberikan hasil panen yang baik.

Kegitan ini dilanjutkan dengan peninjauan kandang sapi serta pertanian cabai yang dikelola oleh kelompok Tani Maju Jaya panen dan menanam lanjutan cabai merah.
Cabai merah yang telah dipanen tersebut juga dapat di beli oleh masyarakat seharga Rp 50 ribu per kilogramnya. (cr33) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here