Kelurahan Pancur Jadi Destinasi Wisata

0
810
WAJAH baru Pasar Pancur dengan cat beraneka warna yang menjadi unik dan diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. f-tengku irwansyah/tanjungpinang pos

Warga di Kelurahan Pancur berupaya menjadikan daerahnya, untuk memiliki daya tarik bagi wisatawan. Daerah yang mendapat julukan “Hongkong” nya Lingga tersebut, memberikan sentuhan warna-warni pada pagar dan bangunan.

LINGGA – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, memberikan apresiasi kepada warga di kelurahan itu. Sebab, warga telah berupaya menjadikan wilayahnya destinasi wisata baru di daerah yang berjuluk Bunda Yanah Melayu ini.

Upaya itu, tak lain untuk menarik minat wisatawan mancanegara maupun domestik berkunjung ke Kelurahan Pancur.

Baca Juga :  Pengusaha Asal Tiongkok Lirik Potensi Investasi

Dengan kreativitas, Pemerintah Kelurahan Pancur mengecat pasar Pancur dengan beraneka warna hingga menjadi rangsangan wisatawan untuk berkunjung.

”Saya sangat mengapresiasi masyarakat, dan desa-desa yang berinisiatif mengembangkan objek wisata di daerah masing-masing. Seperti Keluarhan Pancur, kalau bisa sekaligus membuat event wisata dan budaya,” kata Kepala Disparpora Lingga, Raja Fahrurrazi, kemarin.

Selain Pancur, hal yang sama juga dilakukan Pemerintah Desa Sungai Pinang, Kecamatan Lingga Timur dengan menciptakan spot foto menarik di Pantai Mempanak.

Kreativitas mengembangkan wisata di daerah, dianjurkan pemerintah mulai dari tingkat bawah.

Baca Juga :  Kemenperin Siapkan Rp 50 Miliar Bangun IKM

Dengan begitu, diharapkan pemberdayaan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat setempat.

”Jika sudah ada inisiatif seperti itu, kami tinggal memperomosikan dan memfasilitasi kedatangan wisatawan,” ucapnya.

Tidak hanya Pancur dan Sungai Pinang, Raja Facrurrazi berharap desa lainnya di Lingga bisa melakukan hal yang sama.

Dengan kreativitas dan inisiatif masyarakat, untuk mengembangkan daerahnya menjadi masukan bagi Disparpora untuk membuat program pengembangan daerah wisatawan di Lingga.

”Disparpora tetap membantu pengembangan pariwisata daerah, sesuai tupoksi dan ketersediaan anggaran,” imbuhnya. (TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here