Kenalkan 31 Hak Anak

0
1190
SOSIALISASI: Forum Anak Tanjungpinang melaksanakan roadshow dan sosialsiasi kepada siswa SMPN 7 Tanjungpinang. f-DESI LIZA PURBA/tanjungpinang pos

Forum Anak Roadshow ke Sekolah-sekolah

Tanjungpinang – Ada kegiatan berbeda di SMPN 7 Tanjungpinang, Sabtu (25/3) sebab ada kunjungan dari Forum Anak Kota Tanjungpinang. Ini dalam rangka roadshow dan sosialisasi terkait hak dan perlindungan yang harus didapatkan seorang anak.

Setelah itu, rombongan yang dari pengurus Forum Anak Tanjungpinang didampingi pembina dari tingkat kota dan provinsi juga berkunjung ke SMPN 16 Tanjungpinang Timur.

Anggota Forum Anak Kota Tanjungpinang, Muhammad Syukrial Hafizi menuturkan kegiatan roadshow dimaksud untuk memperkenalkan keberadaan forum anak. Sekaligus sosialisasi dalam upaya berbagi pengetahuan berbagai bentuk kejahatan pada anak dan hak-hak yang harus didapatkan.

Baca Juga :  Siswa, Jadilah Pahlawan Masa Depan

Kejahatan pada anak itu beragam mulai dari secara fisik, psikologi sosial, maupun mental.
Meski demikian, kasus kejahatan pedofilia atau kejahatan seksual juga banyak dialami para remaja.

Ini yang harus sama-sama diselesaikan serta harus dipahami anak sejak usia remaja. Sehingga dapat menghindari meskipun ada banyak modus yang mungkin dialami.

”Mendorong anak-anak di Tanjungpinang untuk peran serta aktif dengan memperkenalkan tugas P2 yaitu pelopor dan pelapor. Ini membutuhkan keberanian dan juga keinginan bersama untuk saling membantu dan berubah,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, usai sosialisasi.

Baca Juga :  1.313 Santri di Kecamatan Bengkong Diwisuda

Dalam kesempatan itu, forum anak juga menginformasikan 31 hak-hak yang harus didapatkan. Diantaranya memiliki waktu untuk bermain, berkreasi, berpartisipasi, berhubungan dengan orang tua bila terpisahkan, bebas beragama, bebas berkumpul serta lainnya sesuai ketentuan pemerintah.

Muhammad Syukrial Hafizi menambahkan kini sedang marak informasi terkait penculikan anak serta organ tubuhnya dijual ke luar negeri.

Meski kejadiannya belum ada di Tanjungpinang, namun dari siswa sendiri harus waspada.
Bila menemukan perlakukan tidak menyenangkan hingga kepada bentuk kekerasan dan perampasan hak, siswa dapat melapor ke kantor Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPPAKB) Kota Tanjungpinang yang beralamat di Jalan Batu 5 Atas tepatnya di depan Kantor Polres Batu 5, Tanjungpinang.

Baca Juga :  PPDB, Sekolah Baru Tetap Favorit

Serta dapat menguhubungi nomor 129. Ini merupakan Telepon Sahabat Anak (Tesa) yang dapat digunakan untuk berbagai hal.

Aktif setiap jam kerja mulai Senin sampai Jumat mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB. Rencananya dalam waktu dekat juga akan melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah lainnya.(Desi Liza)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here