Kepri Tak Terima Penghargaan Bandara Sehat

0
1214
BANDARA rhf tANJUNGPINANG F-dok/tanjungpinangpos

TANJUNGPINANG – Kategori bandara sehat di Indonesia 2016 diraih tiga bandara saja. Tidak satu pun bandara di Kepri yang menerimanya.

Predikat Bandara Sehat itu diraih tiga bandara di Indonesia yakni Bandara Adi Soemarmo peringkat pertama, Bandara Sultan Syarif Kasim II Riau peringkat kedua dan Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten untuk peringkat III.

Ini merupakan ajang Penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat Tingkat Nasional 2016. Penghargaan ini hasil verifikasi yang dilakukan oleh Tim Penilai dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu.

Saat hal ini ditanyakan ke pengelola Bandara Internasional Raja Haji Fisabillah (RHF) Tanjungpinang, pihaknya mengaku belum menerima data itu.

Baca Juga :  Juli KEK Pertama Janji Diresmikan

Namun, mereka sudah pernah menoreh prestasi Sapta Pesona Toilet Umum Bersih dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Plt Manager Bandara RHF Tanjungpinang, Frans Yosef menyampaikan, Bandara RHF saat ini bukan bandara kategori yang tidak sehat.

Mengingat untuk urusan kebersihan dan lingkungan yang sehat, RHF saat ini sudah melakukan berbagai macam perombakan dan terobosan, salah satu merancang beberapa fasilitas umum misalnya toilet umum.

”Toilet kita tidak menyentuh alat-alatnya. Seperti misalnya lampu, tidak menyentuh tombol lampu, begitu juga dengan keran air, kalau di sini dengan menaruh tangan saja air sudah keluar. Nah itu salah satu bandara yang konsep go green atau bandara sehat,” terangnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (6/3) kemarin.

Baca Juga :  Ratusan Ton Ikan Kepri Membusuk

Bahkan menurutnya, RHF tidak hanya mendapatkan penghargaan terbaik Sapta Pesona Toilet, melainkan juga pernah menyandang predikat terbaik pelayan prima terhadap para pengunjung.

”Hanya saja, untuk persiapan sebagai bandara sehat, RHF sudah sangat siap. Hanya saja saat ini penilaiannya masih kategori AP I,” terangnya.

Melalui siaran pers, Tim Penilai dari Kementerian Kesehatan, Bandara Adi Soemarmo, salah satu bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports berhasil meraih peringkat I dalam kategori Bandar Udara Internasional setelah melalui berbagai rangkaian dan tahapan penilaian.

Baca Juga :  PAUD Pelita Insani Dapat Perlengkapan Sekolah Gratis

Penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Kesehatan terhadap pelabuhan dan bandara yang terpilih di Indonesia.

Salah satu kriteria dari penilaian bandara sehat ini, memperhatikan penyelenggaraan kesehatan lingkungan, penataan sarana dan prasarana, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja, serta peningkatan keamanan dan ketertiban. (ais/net)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here