Kini, Giliran Pembina Pramuka yang Diberi Kursus

0
413
PULUHAN pembina Pramuka se-Bintan menjalani praktik keterampilan memberdayakan stok, pada masa mengikuti KMD, di Tambelan.f-istimewa

TAMBELAN – Biasanya, pembina Pramuka yang memberikan pelatihan dan pendidikan kepada anggota siaga, penggalang maupun penegak. Kini, giliran pembina yang diberikan kursus atau pelatihan oleh Kwarcab Bintan.

Kwartir Cabang (Kwarcab) Bintan, baru saja memberikan latihan gabungan (Latgab) untuk anggota Pramuka tingkat penggalang dan penegak, di Kwarran Tambelan. Namun di sela kegiatan tersebut, Kwarcab Bintan juga memberikan kursus atau pendidikan bagi kalangan pembina. Kursus Mahir tingkat Dasar (KMD) bagi para pembina ini, juga dilaksanakan di Tambelan, sebagai kecamatan terjauh di Kabupaten Bintan.

Kegiatan yang dilaksanakan sampai, Selasa (26/3) ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Yasman Andhika, mewakili Ketua Kwarcab Bintan H Dalmasri Syam.

Baca Juga :  Edi Surbakti Jabat Ketua Kadin Bintan

Usai penutupan KMD, Yasman Andhika menerangkan, tugas pokok gerakan Pramuka adalah mendidik anak dan pemuda, supaya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur, berbudi pekerti, serta kuat dalam keyakinan beragama, meningkatkan kecerdasan, berketerampila, sampai dengan kuat serta sehat dari segi fisiknya.

Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pembina yang bermutu, yang sanggup membina dan mendidik anggota Pramuka.

”Untuk itu, perlu dilaksanakan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi para pembina Pramuka di Bintan. Kalau sebelumnya anggota yang diberikan pendidikan, kini giliran pembina yang diberi kursus,” kata Yasman Andhika.

Baca Juga :  Rehab Masjid, Jangan Lupakan Magrib Mengaji

Tujuan KMD ini guna meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan para pembina Pramuka. Sehingga lebih siap untuk menjalankan tugas pendidikan kepramukaan bagi peserta didik, secara berdaya guna dan berhasil guna.

KMD ini sangat penting bagi calon pembina Pramuka, yang akan terjun langsung di masing-masing Gugus Depan (Gudep). Para pembina diberikan materi sebanyak 72 jam pelajaran.

”Dengan mengikuti KMD ini, akan menambah bekal bagi kakak pembina untuk menjalankan tugasnya di masing-masing Gudep,” ujar Yasman Andhika.

Ketua Panitia Pelaksana Suharni AR menyampaikan, kegiatan KMD ini dilaksanakan selama 5 hari, sejak 22 Maret sampai dengan 26 Maret. Tempat KMD di Kwarran Tambelan, dengan jumlah peserta 55 orang. Para pembina ini berasal dari Kwarran Tambelan, Bintan Utara, Bintan Timur, Seri Kuala Lobam, Toapaya dan Gunung Kijang.

Baca Juga :  Dream Cruise Bakal Berlabuh Lagi di Kawasan Lagoi

”Pelatih KMD ini sebanyak 10 orang yang berpengalaman dan memenuhi kualifikasi sebagai pelatih. Mereka berasal dari Pusdiklatcab Bintan,” ungkap Suharni. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here