Komunitas Peduli Lingkungan Bersihkan Drainase

0
728
Komunitas Peduli Lingkungan (KPL) saat goro bersama Forum RT RW di Jalan Nusantara menuju arah ke Kijang Tanjungpinang, Minggu (25/11).f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Komunitas Peduli Lingkungan (KPL) Kota Tanjungpinang turun ke Jalan Nusantara, Kelurahan Batu IX, Minggu (25/11). Mereka turun ke jalan, bukan untuk melakukan aksi demo tapi KPL turun ke jalan untuk membersihkan lingkungan. Termasuk membersihkan drainase. Mereka membersihkan lingkungan bersama Forum RT/ RW di Kelurahan Batu IX.

Pantuan di lokasi, ada yang memangkas rumput hingga membersihkan saluran drainase di Jalan Nusantara Km 12 arah ke Kijang, Kabupaten Bintan. Ada juga mengumpulkan sampah-sampah di lokasi tersebut.

Ketua Komunitas Peduli Lingkungan (KPL) Tanjungpinang, Tomi Darlius mengatakan, KPL terlebih dahulu melakukan survei ke tempat yang dijadikan aksi gotong royong (goro).

Baca Juga :  BKMT Tpi Gelar Qataman Alquran

”Semua ini inisiatif kita dari Komunitas Peduli Lingkungan,” kata Tomi Darlius kepada Tanjungpinang Pos, Senin (26/11).

Sebelum melakukan aksi goro, kata Tomi, KPL terlebih dahulu berkomunikasi dengan dua kelurahan di wilayah Tanjungpinang Timur, yakni Kelurahan Batu IX dan Kelurahan Pinang Kencana.

”Alhamdulillah, dua lurah tersebut merepon kita sangat baik. Dan mereka mendukung kegiatan aksi kita,” ucap dia.

Tujuan goro, sambung Tomi, pihaknya hanya ingin mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Mulai dari membersihkan sampah yang berserakan di lingkungan tempat tinggal, menjaga saluran drainase jangan sampai sumbat hingga masih banyak lagi.

Baca Juga :  Tidak Direstui Nikah Siri, M Hatta Dihukum 7 Bulan

”Paling tidak, kita ini sudah membantu pemerintah untuk menyadarkan masyarakat agar peduli lingkungan. Kalau bukan kita, siapa lagi,” sebut dia.

Kegiatan tersebut disambut baik dan didukung oleh Lurah Batu IX, Fery Andana. Kata Fery kepada awak media ini, pihak Kelurahan Batu IX mendukung kegiatan positif yang sudah dilakukan Komunitas Peduli Lingkungan (KPL).

Karena komunitas ini mau turun hingga melakukan aksi gotong royong bersama masyarakat di Kelurahan Batu IX.

Aksi tersebut, kata Fery, perlu dapat menjadi contoh untuk semua masyarakat, bahwa menjaga lingkungan tidak sebatas harus menunggu perintah pemerintah.

Baca Juga :  Pusaka Islam Gelar Demo Cara Buat Kaligrafi

Tapi, kepedulian dari dalam diri sendiri sangatlah dibutuhkan. ”Kami pemerintah kelurahan mengharapkan, agar semua lapisan masyarakat dapat peduli akan kebersihan lingkungan,” kata Fery Andana.

Fery mengimbau, kepada masyarakat senantiasa untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Jadi, tidak ada lagi membuang sampah tidak pada tempatnya.

”Buang sampah yang benar itu, buang sampah di bak kontainer yang telah disediakan oleh pemerintah. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here