Konsumsi Narkoba, Berujung Pemecatan

0
583
PERSONEL Lanud RHF pemeriksaan darah dan urine. f-adly bara/tanjungpinang pos

Ketatnya Pemeriksaan Kesehatan Di Lanud RHF Tanjungpinang

Narkoba musuh bangsa. Musuh bersama. Jangan sampai merusak jajaran militer. Ini selalu dijaga. Karena itulah, aturannya sangat jelas. Tegas dan tidak ada ampunan.

TANJUNGPINANG – APABILA terbukti mengonsumsi narkoba, maka bakal berakhir dengan pemecatan. Ini sudah dilakukan di Lanud Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, baru-baru ini.

Untuk menjaga seluruh personel bebas dari barang haram itu, sering dilakukan pengecekan urin secara mendadak. Seperti yang dilakukan, Kamis (15/11).

Danlanud RHF Kolonel Pnb M Dadan Gunawan ST MM memerintahkan tes urine dan HIV secara mendadak di Mako Lanud RHF. Tujuannya untuk mengantisipasi terhadap penyalahgunaan narkoba dan virus HIV oleh prajurit TNI Angkatan Udara.

Baca Juga :  Pemprov Usul Terima 500 Orang

Tes urine tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Kolonel Pnb M. Dadan Gunawan S.T., M.M., yang bekerja sama dengan BNN Provinsi Kepri.

Atas perintah Komandan, setelah dilaksanakannya apel pagi, staf Intel bersama Pomau selanjutnya menggiring satu per satu personel Lanud Raja Haji Fisabilillah ke Mako Lanud Raja Haji Fisabilillah untuk melakukan pendaftaran dan pengambilan sampel urine dan darah.

Danlanud Raja Haji Fisabilillah mengatakan bahwa pengecekan tes urin dan HIV ini rutin dilaksanakan 2-3 kali dalam setahun.

”Kegiatan ini kita laksanakan minimal 1 kali setiap semester. Namun juga dilaksanakan secara random yang waktunya tidak tertentu. Bisa 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali,” ujar Danlanud RHF.

Baca Juga :  Kadin Akan Gelar Pameran WHITEx-China

”Harapan kami seluruh personel Lanud Raja Haji Fisabilillah tidak ada lagi yang berhubungan dengan narkoba yang dapat merugikan institusi dan keluarganya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Kesehatan Lanud Raja Haji Fisabilillah, Lettu Kes dr. Nurchotijah mengatakan bahwa tes urine dan HIV tersebut terdiri dari 6 parameter yaitu Amphetamine (AMP), Morphine (MOP), Ganja/Marijuana (THC), Mtehamphetamine (MET), Cocaine (COC), Benzodiazepines (BZO) dan langsung didapat hasilnya.

Danlanud RHF Kolonel Pnb M Dadan Gunawan mengungkapkan, tes urine ini dilakukan rutin setiap tahunnya.

Selain itu, yang terpenting dari tes ini untuk mengantisipasi yang tidak dinginkan dalam kesiapan operasional jajaran Lanud RHF dalam menjalankan tugas dan harus bersih dari narkoba serta HIV.

Baca Juga :  Dishub Tutup Kantor Grab dan Gojek

”Untuk tes narkoba bisa dapat dilihat langsung hasilnya. Apabila terindikasi positif, akan dilakukan pemeriksaan lanjutan berupa assessment test. Berupa pemeriksaan lanjutan dengan wawancara untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat yang digunakan, untuk tes HIV juga langsung mendapatkan hasilnya,” kata Kakes Lanud RHF.

Dari pemeriksaan yang telah dilakukan kemarin, hasilnya seluruh personel Lanud RHF dinyatakan bebas narkoba dan HIV.

”Dengan terbebasnya dari narkoba dan HIV akan mewujudkan prestasi, keluarga yang sehat dan harmonis, sehingga akan terwujud kesejahteraan dalam hidup kita,” tutup Danlanud.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here