KPIHT Gelar Pameran Ikan Hias dan Cupang

0
487
PENGUNJUNG tengah melihat aneka macam ikan hias dan ikan cupang di acara pameran yang digelar oleh KPIHT di Pujasera Standup Bintan Center, Senin (2/9). f-istimewa

TANJUNGPINANG – Komunitas Pencinta Ikan Hias Tanjungpinang (KPIHT) menggelar pameran ikan hias dan Aquascape yang diberlangsung di Pujasera Standup Bintan Centre.

Acara berlangsung satu minggu ini. Di buka Minggu (1/9) dan acara puncak pada Minggu depan (8/9) yang di hadiri oleh perwakilan dari Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Karantina.

Salah satu praktisi Aquascape KPIHT Deddy mengatakan, pameran ini untuk perkenalan pada masyarakat bahwa ada sekumpulan orang yang menyukai ikan hias maupun ikan cupang.

Sekaligus mengajak para pencinta ikan hias di Tanjungpinang bergabung dengan komunitas. Tujuannya memiliki kegiatan positif bersama.

”Kami ingin mengajak pencinta ikan hias berbagai jenis. Mulai dari pencinta ikan arwana maupun lainnya bergabung bersama komunitas ini. Menurut saya banyak pecinta ikan hias di Tanjungpinang namun belum bergabung. Mari bersama yang bisa digunakan untuk berbagi cerita pengalaman dalam memelihara ikan hias dan ikan lainnya,” tutur Deddy, Senin (2/9) di lokasi pameran.

Ia melanjutkan, selama enam hari ke depan bersama teman-teman tidak hanya pameran tetapi jugsa menjual ikan hias bagi yang ingin membelinya.

Tetapi yang lebih penting, kegiatan ini untuk ajang saling mengenalkan diri sesama pecinta ikan hias, saling berbagi ilmu tentang perawatan ikan dan Aquascape.

Bahkan, ia bersama trekan-rekan bersedia memberikan ilmu nya secara cuma-cuma bagi yang ingin mengenal Aquascape.

Adapun jenis ikan yang ada pada pameran tersebut seperti ikan cupang, plati, gapi impor, gapi armada, lohan, gabus cana, ikan segitiga dan Ikan lokal dan juga jenis tanaman hias Aquarium.

Deddy menambahkan, kegiatan ini merupakan agenda dari komunitas dan ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan. Nantinya, diakhir tahun pihaknya juga akan gelar pameran kembali. Ketua komunitas, Robert menceritakan awal terbentuknya KPIHT.

ANGGOTA KPIHT dan pihak terkait yang mendukung digelarnya pameran ikan hias foto bersama usai pembukaan. F-ISTIMEWA

Dimulai dari beberapa orang yang menyukai ikan hias, kemudian saling berbagi ilmu dengan duduk bersama dan bercerita hingga membentuk komunitas.

”Awalnya kita hanya dari kawan ke kawan yang suka pada ikan hias seperti cupang dan arwana. Kita temui langsung dan berbincang. Setelah itu ide buncul bangun komunitas,” kata Robert.

Setelah berjalan maka mereka sepakat melaksanakan berbagai kegiatan. Salah satunya pameran tersebut. Tujuannya agar komunitas ini eksis dan terus berkembang.

Mereka sepakat akan terus memiliki aksi nyata, untuk membesarkan komunitas ini ke depannya.

“Dengan kita bentuk komunitas yang legal dan berbadan hukum, supaya bisa untuk melakukan dan membuat kegiatan itu lebih mudah dan terorganisir dengan baik. Sehingga, tidak asal-asalan semata,” ucap Robert.

Ia bersama teman-teman pecinta ikan hias dapat respon baik dari pemerintah seperti Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Karantina dan Dinas Pariwisata.

Selain itu, Robert berharap ke depannya ada dukungan dari berbagai pihak membesarkan komunikas ini. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here