KPU Gelar Raker Penataan Dapil

0
806
SOSIALISASI: KPU dan Panwaslu saat menggelar Sosialisasi Pemilukada 2019 beberapa waktu lalu.F-ISTIMEWA

LINGGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga menggelar rapat kerja (Raker) penataan Daerah Pemilihan (Dapil). Rapat tersebut diselenggarakan bersama Partai Politik (Parpol) yang ada di Lingga di Hotel Lingga Pesona, Kamis (28/12). Sehingga, Parpol dapat memberikan memahami terkait penyusunan dan penataan Dapil dan alokasi kursi untuk Pemilu Legislatif tahun 2019 mendatang.

”Jadi Raker ini adalah, untuk memberikan pemahaman kepada para pengurus Parpol. Raker juga dihadiri masyarakat, dan stakeholder terkait wacana pemecahan Dapil kemaren,” kata Agus, kemarin.

Baca Juga :  Awe Persilahkan Kritik Kebijakan Pemkab

Ia menambahkan, untuk pemecahan Dapil pihaknya masih menunggu tanggal dan aturan mainnya dari kPU pusat. ”Kita masih menunggu. Makanya, dalam Raker ini kita susun lagi usulan penataan atau pemecahan Dapil itu sekaligus dengan menghitung alokasi kursi untuk legislatif nantinya,” ujar Agus

Sementara itu, untuk alokasi kursi dikatakan Agus, pihaknya juga masih menunggu Data Agregat Kependudukan (DAK) per Kecamatan dari Kementrian yang menyelenggarakan Urusan Dalam Negri. ”Setelah kita menerima DAK baru kita bisa mengalokasikan kursi untuk DPRD. Karena itu dasarnya,” tutur Agus.

Baca Juga :  Ismeth Abdullah Dukung Isdianto

Ia berharap, usulan penataan Dapil ini dapat didukung oleh para Parpol yang ada di Lingga dan juga pemerintah setempat. Menurutnya, penataan atau pemecahan Dapil ini bermakaud untuk merangkul aspirasi dari masyarakat dimasing-masing daerah. Untuk itu, Agus pun berharap adanya dukungan dari para Parpol dan juga masyarakat.

”Tapi memperhatikan 7 prinsip penataan Dapil. Salah satu jumlah penduduk. Kalau jumlah penduduk dibawah 100 ribu itu otomatis bisa, tapi kalau dibawah tidak. Tapi kalau data yang kita peroleh sekarang, jumlah penduduk di Lingga sudah memenuhi. Kita lihat aja nanti,” tutup Agus. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here