KPU: Penghitungan Selesai Dini Hari

0
460
Suasana pencoblosan di TPS saat pilkada belum lama ini. Pada Pemilu 2019, KPPS akan memerlukan waktu hingga pukul 24.00 untuk menghitung suara yang sudah diberikan warga. Pemilu 2019 juga akan jadi pemilu pertama di dunia dengan lima surat suara di satu hari pencoblosan.f-dokumen/tanjungpinang pos

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI prediksi perhitungan suara Pemilu 2019 nanti akan berlangsung hingga dini hari di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Prediksi ini disampaikan langsung KPU RI di depan komisioner KPU dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Jakarta kemarin.

TANJUNGPINANG – Karena KPU RI hingga KPU Provinsi serta KPU kabupaten/ kota termasuk wilayah Provinsi Kepri sudah melakukan simulasi Pemilu 2019. KPU Provinsi Kepri sudah melakukan simulasi Pemilu serentak tahun 2019 di Tanjungpinang City Centre (TCC), belum lama ini.

Baca Juga :  Dapil Ketat, Persaingan Sengit

Saat berlangsung simulasi, KPU menerapkan minimal 300 orang melakukan pemilihan di TPS.

”Jadi, diperkirakan jam 12 malam sudah selesai semua di masing-masing TPS,” Devisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu KPU Provinsi Kepri, Arison kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (18/11).

Untuk mencapai prediksi tersebut, KPU akan melakukan bimbingan teknis (Bimtek) kepada petugas TPS tersebut. Bimtek yang akan dilakukan KPU tidak hanya sekali saja.

Tetapi, akan diterapkan KPU nanti, dua sampai tiga kali. Rencananya, KPU akan menggelar Bimtek untuk petugas TPS di Maret 2019 mendatang.

Baca Juga :  KPU Serahkan APK

”Semua ini tergantung anggaran saja. Ada anggaran, kita gencarkan hingga tekankan ke petugas terhadap proses pemilu di bimtek nanti. Mulai dari proses pencoblosan hingga perhitungan suara di TPS masing-masing,” ucap dia. Semua ini, lanjut dia, tidak luput dari dukungan pemerintah daerah masing-masing. Agar proses Pemilu 2019 bisa selesai dengan baik.

Dukungan yang perlu diberikan oleh pemerintah daerah, mulai dari anggaran serta fasilitas.

Ia harapkan, pemerintah daerah untuk menyediakan hingga memberikan ruangan cuma-cuma kepada KPU. Sehingga KPU tidak lagi mengeluarkan anggaran untuk bayar ruangan tersebut.

Baca Juga :  APK Ilegal Milik Paslon Masih Bertebaran

Ruangan yang diberikan gratis oleh pemerintah, akan dipergunakan untuk melakukan bimtek petugas TPS masing-masing. “Kita harap pemerintah mensuport (mendukung, red) kegiatan KPU menjelang proses Pemilu serentak,” harap dia.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here