KPU Tetapkan 869 DPK Jadi DPT

0
449
KETUA KPU dan komisioner bersama perwakilan Parpol, Bawaslu dan kepolisian usai rapat pleno, Selasa sore lalu.f-istimewa

Pelayanan Pindah Memilih sampai 10 April

CERUKIJUK – KPU Kabupaten Bintan telah menetapkan 869 Daftar Pemilih Khusus (DPK) menjadi DPT. Sementara, pelayanan pindah memilih diperpanjang, sampai 10 April, pekan depan.

869 DPK menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) itu, dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka tentang penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Ketiga (DPTHP3), Selasa (2/4) lalu. Rapat pleno ini dipimpin Ketua KPU Bintan, Ervina Sari. Dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten Bintan, partai politik di Kabupaten Bintan dan instansi terkait, pemerintah daerah, serta pihak kepolisian.

Komisioner KPU Bintan Haris Daulay mengatakan, penetapan tersebut merujuk kepada surat edaran KPU RI Nomor 557/PL.02.1-SD/01/KPU/III/2019 perihal tindaklanjut Putusan MK Nomor 20/PUU-XVII/2019. Salah satu poinnya adalah mengakomodir DPK menjadi DPT, dengan rekomendasi Bawaslu.

Baca Juga :  2019, Tour De Bintan Lintasan Baru

”Sebanyak 869 DPK itu sudah ditetapkan menjadi DPT,” ujar Haris Daulay, Kamis (4/4) siang kemarin.

Haris menjelaskan, 869 pemilih tersebut terdiri dari 446 pemilih laki-laki dan 423 pemilih perempuan, yang tersebar di 42 kelurahan/desa di 205 TPS. Pemilih DPK tersebut menjadi agenda perbaikan DPTHP2 dengan surat rekomendasi Bawaslu Kabupaten Bintan Nomor 035/K.BAWASLU-KR-02/PM.00.02/IV/2019 tentang penyempurnaan DPTHP2 dan DPTb.

Haris menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa kali koordinasi dengan Bawaslu Kabupetan Bintan, dikarenakan potensi DPK yang melebihi 2 persen suara cadangan, dibeberapa kelurahan/desa di Bintan. Seperti Kelurahan Tanjunguban Utara, Desa Busung dan Teluk Sekuni (Tambelan).

Baca Juga :  PPNS Satpol PP Bintan Bertambah

”Kita khawatir pemilih DPK yang melebihi 2 persen surat suara cadangan, tidak terfasilitasi hak suaranya,” kata Haris.

Setelah penetapan DPTHP 3 otomatis DPT Kabupaten Bintan berubah dari semula 103.512 pemilih menjadi 104.381 pemilih.

”Jumlah pemilih DPTHP 3 tersebut masih akan terpengaruh terhadap jumlah pemilih keluar dan masuk hingga tanggal 10 April setelah Putusan MK,” sebutnya.

Sedangkan untuk pelayanan pindah memilih, Haris menyatakan, ada potensi di Bintan. Seperti pemilih dari kalangan orang sakit, tahanan, tugas kedinasan dan termasuk tugas dalam Pemilu ini.

Baca Juga :  Dewan Sampaikan Catatan Strategis LKPj

”Tugas kepemiluan ini, seperti pindah pilih penyelenggara dan saksi. Untuk layanan pindah pilih ini, batas terakhirnya 10 April 2019, pukul 16.00. Yang mau daftar bisa melapo ke PPS kelurahan/desa, atau KPU setempat,” demikian ditambah Haris Daulay. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here