KPU Verifikasi Faktual Parpol

0
767
BERKAS: Komisioner KPU Anambas Muhammad Sani (kiri) saat memperlihatkan berkas kepada salah satu pengurus Parpol, kemarin.F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Anambas akan melakukan verifikasi faktual terhadap sejumlah partai politik (Parpol). Hal itu akan dilakukan mulai dari pertengahan bulan Desember 2017 hingga Januari 2018.

Untuk itu, sejumlah komisionir akan dibagikan tugasnya masing-masing sesuai dengan tahapan serta proses verifikasi faktual dilakukan mulai tanggal 15 Desember hingga 4 Januari 2018 mendatang.

Komisioner KPU Muhammad Sani menyarankan kepada seluruh pimpinan partai, agar dapat mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pada proses verifikasi faktual.

Ia menerangkan, jika ada pengurus partai yang tidak bisa hadir saat verifikasi faktual harus menyurati KPU sebagai pemberitahuan untuk dilakukan verifikasi ulang.

Baca Juga :  Guru TPQ Harus Diperhatikan

”Kita akan turun langsung, untuk memverifikasi secara faktual terhadap partai politik. Contohnya, kantor dimana dan peralatan kantor ditambah lainnya seperti kartu anggota. Masing-masing komisionir sudah dibagikan tugasnya,” kata Muhammad Sani, Selasa (12/12).

Sementara, lokasi untuk verifikasi faktual di Kecamatan Siantan Selatan, Siantan Tengah dan Siantan Timur akan didampingi oleh Juliadi.

Sementara untuk Kecamatan Palmatak, akan dilakukan oleh Jufri Budi. Kecamatan Jemaja akan dilakukan oleh komisioner KPU Novelino, dan Kecamatan Jemaja Timur akan dilakukan serta didampingi oleh M.Sani.

Baca Juga :  Diangkut Tol Laut, Barang Dagangan Hilang

”Untuk di kecamatan nantinya akan dilakukan oleh semua komisioner. Target kami, satu minggu untuk di Kecamatan Siantan sudah selesai semua,” ungkapnya.

Sani yang masuk dalam divisi hukum ini mengatakan, proses verifikasi faktual nantinya akan menitikberatkan pada alamat sekretariat Parpol di kabupaten dan kecamatan.

Verifikasi juga termasuk pengecekan kartu identitas anggota partai, sesuai Surat Keputusan Parpol yang telah tercatat dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPol).

Pihaknya pun meminta kepada pengurus partai yang berhalangan hadir, untuk segera menyurati KPU dan mengatur jadwal ulang untuk melakukan tahapan penting itu. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here