KUA Toapaya Bantu Program KKN STAIN-SAR

0
871
KEPALA KUA Kecamatan Toapaya, Zainal (kiri) saat menerima kunjungan mahasiswa STAIN-SAR yang sedang melaksanakan KKN di Kecamatan Toapaya.f-istimewa

BINTAN – Pihak Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Toapaya akan membantu dan mendukung Program KKN Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman (STAIN-SAR) Kepulauan Riau.

Hal itu disampaikan Kepala KUA Kecamatan Toapaya, H Zainal Nahra, S.Ag, Jumat (09/10) pekan lalu.

Para mahasiswa melaksanakan silaturahmi ke Kantor KUA Kecamatan Toapaya yang diterima Zainal dan jajarannya.

Sejumlah mahasiswa/i yang berkunjung antara lain, Reza Dico Perdana (Ketua KKN), Diana Fitri (Sekretaris), Vina Anggraini (Bendahara), Wahyu Sepriadi (Anggota).

Hadir juga Rianto (Anggota), Chalin Pratama (Anggota), Galoh Pradana Suci (Anggota), Rika Dwina Saputri (Anggota) dan Sinta Bella (Anggota). Kesepuluh mahasiswa/i ini berasal dari Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam, dan Manajemen Pendidikan Islam.

Baca Juga :  Rektor UMRAH Buka Monev KKN Revolusi Mental

Kepala KUA Kecamatan Toapaya, Zainal merasa sangat senang dan bangga dengan kunjungan mahasiswa/i KKN STAIN-SAR.

Ia juga mengatakan, bahwa melalui kunjungan ini dan KKN yang dilakukan oleh mereka akan terjalin koordinasi yang baik antara mahasiswa KKN STAIN-SAR dengan KUA.

”Kami dari Kantor KUA Kecamatan Toapaya siap membantu Program KKN STAIN-SAR Kepri yang telah disampaikan kepadanya. Namun program ini tidak akan terlaksana dengan baik, jika tidak dikoordinasikan bersama secara matang dengan pihak-pihak lainnya. Inilah salah satu fungsi mahasiswa/i KKN membangun kerjasama dan hubungan yang baik dengan pihak terkait serta masyarakat,” ucap Zainal.

Ia menambahkan, bahwa bersama para staf dan Penyuluh Agama Islam (PAI) non ANS siap untuk saling berkoordinasi, bekerjasama dalam menyukseskan program yang telah dicanangkan tersebut. Ia berharap, KKN ini dapat mewujudkan masyarakat Kecamatan Toapaya yang beriman, bertakwa, dan berakhlakul karimah serta masyarakat yang mandiri.

Baca Juga :  Ajak Pelajar Cintai Produk Dalam Negeri

Zainal juga mengajak mahasiswa/I KKN STAIN-SAR Kepri untuk terjun langsung ke tengah masyarakat dalam syiar keagamaan di Kecamatan Toapaya.

Ia berpesan, agar para mahasiswa tersebut tidak sungkan untuk mendatangi Kantor KUA Kecamatan Toapaya selama berjalannya kegiatan KKN.

Pada saat itu, rombongan mahasiswa KKN menyampaikan program KKN nya antara lain Tahsin Al-Quran bersama Remaja di Mesjid Besar Alfalah, Tahfiz Al-Quran di TPQ Toapaya Asri, menjual sayur hidroponik secara online di Toapaya Asri.

Selain itu, mengelola pupuk dan sampah di lingkungan Kelurahan Topaya Asri, Qadh Nasih, membuat jamu beras kencur, membuat hand sanitizer, membagikan masker, membantu anak-anak di Toapaya Asri belajar daring (dalam jaringan).

Baca Juga :  Puskomda FSLDK Kepri Kunjungi Stisipol

Mahasiswa KKN yang diwakili Ketua, Dico, menyerahkan Jamu Beras Kencur olahan mereka kepada jajaran KUA Toapaya. Dico jugas menerangkan bahwa jamu yang mereka olah berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan, mengobati nyeri, menurunkan kolesterol, meringankan sakit perut dan lainnya. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here