Kunjungan Wisata 50 Ribu, Dispar Bersihkan Pantai

0
764
BERSIHKAN PANTAI: Seorang petugas kebersihan turut membantu Dinas Pariwisata Bintan, membersihkan pantai wisata Km 52 Trikora, Kamis lalu. F-ISTIMEWA/dispar bintan

TRIKORA – Selama Januari 2017, kunjungan wisatawan asing ke Bintan mencapai 50 ribu. Sedangkan kunjungan wisatawan nusantara mencapai 25 ribu. Justru itu, Dinas Pariwisata terus memperhatikan kebersihan pantai.

”Selain kawasan Lagoi, Bintan memiliki daya tarik wisata pantai. Baru-baru ini, pantai di kawasan Lagoi dikotori sludge oil. Itu sudah dibersihkan. Sedangkan di pantai Trikora, dikotori sampah. Sampah itu, sudah kami bersihkan,” kata Luki Zaiman Prawira, Kadispar Bintan, Jumat (17/3) kemarin.

Selain kunjungan di Lagoi, wisatawan asing yang berkunjung di luar Lagoi jumlahnya mencapai sekitar 8.500-an orang. Sedangkan data kunjungan wisatawan di bulan Februari, masih direkap. Namun, diperkirakan meningkatkan dibandingkan Januari, karena menjelang penyelenggaraan Tour de Bintan.

Baca Juga :  Waswas, Mancing Mania Pilih Poyotomo

”Maret ini, jumlah wisatawan juga meningkat. Makanya, kebersihan kawasan wisata selalu kami perhatikan. Untuk mendongkrak kunjungan, kita selalu berkoordinasi dengan pengusaha dan resor,” tambah Luki.

Sebelumnya, Eddy, petugas kebersihan pantai dan taman Hotel Club Med mengatakan, limbah minyak hitam yang terdampar di pantai resor itu cukup banyak, dan volume lebih besar. Bila sebelumnya limbah minyak hitam datang sebesar gumpalan buah ceri atau bola golf, kini sebesar buah kelapa.

”Tidak tahu seperti apa proses sampainya di pantai ini. Tiba-tiba limbah tersebut sudah sampai di pantai dalam bentuk gumpalan besar, dengan bau yang menyengat,” katanya, kemarin.

Baca Juga :  Pencari Suaka Asing Dipindahkan ke Bintan

Ia mengatakan, meski ukurannya besar dan mudah diangkut, namun saat dikumpulkan jumlahnya cukup banyak.

”Ada 4 kantong hitam besar yang kami ambil di pantai, saat ini sudah kami amankan limbah tersebut,” jelasnya. (fre/aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here