Kuota Gas Subsidi DItambah

0
572
Warga saat antre tabung gas ukuran 3kilogram karena sempat habis di Tanjungpinang.f-raymon/tanjungpinang pos

Pertamina menambah pasokan gas Elpiji ukuran 3 kilogram untuk memenuhi kebutuhan selama puasa dan lebaran.

TANJUNGPINANG – Penambahannya 13.400 tabung gas. Kuota sebelumnya mencapai 509.673 tabung gas. Kini total kuota ada 524.073 tabung gas. Untuk harga jual, elpiji 3Kg masih menggunakan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 15 ribu per tabung, namun harga di panggakalan bervariasai hingga di pengecer. Ada yang dijual hingga Rp 19 ribu pertabung dengan alasan biaya transportasi.

Gas Bright ukruan 5,5 kilo dengan harga R 66-68 ribu. Sedangkan gas 12 Kg dijual seharga Rp143 ribu – Rp145 ribu per tabung dari agen ke pangkalan, sementara dari pangkalan ke masyarakat dijual seharga Rp165 ribu – Rp170 ribu per tabungnya.

Baca Juga :  Teguh Calon Kuat Sekda Tanjungpinang

Branch Manager Marketing PT Pertamina Kepri, Oos Kosasih mengatakan bahwa kuota tahun 2018 Kota Tanjungpinang sebesar 6.081 matrik ton (509.673 tabung gas). Sedangkan selama Ramadan Pertamina menambah penambahan sebesar 8 persen atau sekitar 13.440 tabung.

”Dengan penambahan tersebut, maka tabung gas dinyatakan cukup untuk memenuhi permintaan pasar. Dan untuk mengatasi penimbunan, pihak pertamina akan melakukan pemantauan di agen-agen. Sedangkan agen-agen akan melakukan pemantauan disetiap pangkalan agar tidak terjadi hal tersebut,” ungkapnya saat menggelar rapat dengan Sekda Tanjungpinang Riono di Ruang Rapat Bappelitbang Kota Tanjungpinang, Rabu (23/5).

Sementara itu, Riono menyampaikan tingginya tingkat kebutuhan masyarakat selama Ramadan serta cuti bersama ASN yang berlangsung selama 9 hari terhitung mulai tanggal 11 -20 Mei dikwatirkan akan terjadi kelangkaan gas LPG 3kg.

Baca Juga :  Organda Tanjungpinang-Bintan Peduli Riau

Untuk mengantisipasi kelangkaan LPG selama bulan Ramadan dan Idul Fitri tersebut Pemerintah Kota Tanjungpinang meminta kepada pihak Pertamina agar dapat menambah kuota untuk Kota Tanjungpinang sebesar 10 persen.

”Saya berharap persediaan stok gas LPG cukup dan aman untuk Kota Tanjungpinang. Bila perlu ditambah kuotanya 10% untuk mengantisipasi kelangkaan,” ungkap Riono.

Riono juga berharap selama masa libur pada tanggal 11-20 Juni tidak terjadi kelangkaan gas LPG baik 3, 5 kg, 5,5 kg maupun 12 kg. ”Mengingat permintaan menjelang Idul Fitri ini pasti akan melonjak, saya mengimbau Pertamina bisa memantau para agen agar dapat memperhatikan stok yang ada dan tidak melakukan penimbunan karena akan ada satgas pangan yang diketuai oleh Kapolres untuk melakukan pemantauan,” tambahnya.

Baca Juga :  Tiga Bulan, 56 Titik Hutan Terbakar

Riono juga minta agar masyarakat tidak khwatir kalau gas langka, karena Pertamina menambah tabung gas yang akan distribusikan melalui agen-agen Pertamania. ”Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Tanjungpinang agar tidak perlu kwatir karena gas tiga kilo aman,” bebernya.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here