Kwarda Kepri Kumpulkan Rp 50 Juta

0
730
BANTUAN BENCANA: Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kepri TS Arif Fadillah menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Sardison, Wakil Ketua dan juga Humas Kwarda Kepri untuk selanjutnya dibawa ke Lingga, Jumat (15/12) di Dompak. f-suhardi/tanjungpinang pos

Sekdaprov Lepas Penyerahan Bantuan ke Lingga

TANJUNGPINANG – Ketua Kwarda Pramuka Kepri TS Arif Fadillah melepas tim penyerahan bantuan bencana kebakaran Lingga, Jumat (15/12) di Kantor Kwarda Pramuka Kepri di Dompak. Bantuan itu diserahkan kepada Sardison, Wakil Ketua Bidang Abdi Masyarakat yang juga Humas Kwarda Gerakan Pramuka Kepri. Sardison langsung memerintahkan stafnya mengantar bantuan itu ke Lingga, kemarin siang. Selanjutnya, Gubernur Kepri Kepri yang juga Ketua Majelis Pembina Daerah (Ka Mabinda) Gerakan Pramuka Kepri H Nurdin Basirun menyerahkan bantuan tersebut ke Pantia Bencana Sosial Lingga.

Arif mengatakan, bantuan yang diberikan kali ini tak hanya uang. Namun, ada juga bantuan pakaian bekas layak pakai. Untuk lebih menghargai para korban bencana di Lingga, Arif meminta bantuan pakaian bekas dikemas dengan bagus.

Pakaian laki-laki dan perempuan dipisah. Demikian juga pakaian anak-anak, bayi, dewasa, remaja baik laki-laki dan perempuan dipisah. ”Pakaian itu disetrika dan dibungkus dengan bagus. Kita tak ingin pakaian bekas diantar dengan model gelondongan. Harus rapi, bersih, disetrika dan sudah dipisah-pisah,” jelas Arif.

Baca Juga :  Gubernur Lepas Kafilah MTQN Kepri

Karena bantuan yang terkumpul banyak dan cukup untuk membantu korban, Arif pun berinisiatif untuk membuka lumbung rekening bencana. Bantuan yang terkumpul di rekening akan disimpan. Sehingga, jika suatu saat ada musibah yang menimpa masyarakat Kepri, maka uang donasi tersebut bisa cepat dicairkan.

Arif pun mengucapkan terimakasih banyak kepada masyarakat yang mendonasikan sebagian rezekinya untuk korban bencana di Lingga. ”Terimakasih juga atas bantuan seluruh anggota Pramuka, pengurus Kwarcab se-Kwarda Kepri, andalan kwarda, pengurus kwarda Kepri dan masyarakat Kepri. Semoga amal ibadah kita mendapat pahala dr Allah SWT. Amin,” ujar Sekdaprov Kepri tersebut.

Arif mengatakan sebagai masyarakat yang mendengar jika saudaranya tertimpa musibah harus menunjukkan kepedulian sosial yang tinggi dengan cepat tanggap dalam menyikapinya. ”Melihat terjadinya musibah tentu kita perlu untuk peduli dan cepat tanggap untuk mengurangi beban para korban,” ujar Arif kepada wartawan.

Baca Juga :  Sirajudin Nur Usulkan Rp10 M untuk Jaring Pengaman Sosial

Tak lupa Sekda Arif mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota pramuka yang terus menunjukan kinerja dan kepeduliaannya terhadap ketanggapan saat terjadinya bencana dengan ikut mengumpulkan bantuan sosial bagi para korban.

”Saya salut atas apa yang teman-teman semua lakukan untuk mengumpulkan bantuan sosial untuk warga Lingga yang tertimpa musibah, semoga apa yang kita lakukan ini dapat memberikan manfaat bagi mereka dan pahala bagi kita semua,” lanjut Arif.

Sardison menambahkan, bantuan yang berhasil dikumpulkan adalah uang tunai Rp 50 juta, pakaian layak pakai 5 kardus dan makanan 52 koli. Bantuan ini dikumpulkan dua minggu. ”Kwarda yang mengkoordinir pengumpulan bantuan ini. Setelah terkumpul, barulah diantar ke Lingga untuk selanjutnya diserahkan pak gubernur,” jelasnya.

Baca Juga :  Prajurit Lanud RHF Latihan Bongkar Pasang Senjata

Bantuan tersebut berasal dari Batam, Bintan dan Tanjungpinang yang dikumpulkan satuan karya yang aktif seperti Bhayangkara baik Tanjungpinang dan Bintan. Kwartir ranting baik di Bintan dan Tanjungpinang. Yang paling banyak dari Toapaya yang diantar langsung camatnya. Kemudian bantuan yang dikumpulkan gugus depan (gudep) Pramuka di sekolah-sekolah kebanyakan di Bintan dan Tanjungpinang.

Ada juga bantuan perorangan baik di kwarda, kwartir dan ranting. Sardison yang juga Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Disdukcapil Provinsi Kepri ini mengatakan, jiwa sosial masyarakat Kepri untuk saling membantu masih tinggi. (ais/mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here