LAN Belum Terapkan UNBK

0
759

Gubernur Kunjungi SMAN 1 Tanjungpinang

Tanjungpinang – Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Arifin Nasir mengaku siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sesuai standar pemerintah pusat. Hanya saja belum semua daerah di Kepri dapat menerapkan.

”Kabupaten Natuna Lingga, Anambas (NAL,red) belum bisa terapkan UNBK, karena terkendala masalah jaringan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (6/3) usai mendampingi Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun apel pagi di SMAN 1 Tanjungpinang.

Agar UNBK bisa diterapkan di daerah NAL, pihaknya sudah berupaya dengan menyurati Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kepri serta Kemenfo RI, terkait masih terisolir jaringan internet.

Baca Juga :  Perwakilan FLS2N Tanjungpinang Matangkan Mental

”Kami sudah surati Diskominfo serta Keminfo RI, terkait masalah NAL ini namun belum bisa diterapkan tahun ini. Kalau dipaksakan, takutnya berakibat fatal karena tidak bisa men-download soal-soal,” paparnya.

Intinya, belum terealisasinya penerapan UNBK di NAL bukan karena Pemprov tidak perhatian. Sebab, terkait pengadaan komputer dan server serta penunjang lainnya siap diberikan. Namun karena keterbatasan jaringan, maka hal itu belum bisa diterapkan.

Bahkan tahun ini, Pemprov melalui Disdik sudah mengalokasikan anggaran untuk pembelian 600 unit komputer yang disebar ke kabupaten-kota di Kepri.

Baca Juga :  Jadi Pengusaha Berkat Ilmu di SMKN 4

NAL tahun ini masih menerapkan ujian secara manual yaitu Lembar Jawaban Komputer (LJK).

”Kita tetap akan surati kominfo agar dipercepat jaringan internet ke NAL,” tambahnya.

Dipaparkannya, pihaknya menargetkan 40 persen sekolah di Kepri yang sudah berbasis UNBK. Ini termasuk swasta dan negeri.

Selain itu tak kalah penting yang harus disiapkan setiap sekolah yang melaksanakan UNBK yaitu ketersediaan daya listrik. Terkait hal ini, pihaknya akan menyurati PLN masing-maisng daerah yang melaksanakan.

”Nanti suratnya langsung ditandatangani Pak Gubernur, supaya lebih kuat,” tegasnya.

Baca Juga :  Bukti Karya untuk Anak Cucu dan Masyarakat Umum

Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun dalam sambutannya memberikan semangat kepada siswa SMAN 1 Tanjungpinang.

Ia meminta siswa bersungguh-sungguh belajar dan harus bisa memiliki prestasi dan membanggakan orang tua, guru serta membawa nama baik Provinsi Kepri ketingkat nasional dan bahkan dunia.

Disela-sela kunjungan Nurdin juga melakukan komunikasi dengan para guru, pengawas sekolah serta beberapa guru honor di sekolah dalam upaya menampung aspirasi untuk perbaikan dan memajukan pendidikan.(Suhardi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here