Lapangan Dewa Ruci Pembukaan Porprov ke IV

0
675
Djasman. S.Sos

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang, sudah memiliki rencana yang matang dalam
menyemarakkan pembukaan Porprov ke-IV 2018.

Pembukaan Porprov Kepri ke-IV 2018 akan dilaksanakan, Minggu (25/11) di Lapangan Dewa Ruci Tanjungpinang. Pihak penyelenggara sudah berkoordinasi dengan TNI AL
selaku pengelola lapangan.

Kadispora Tanjungpinang, Djasman menuturkan, terkait jumlah peserta atau atlet diperkirakan 2 ribu lebih yang datang. Dari hasil konfirmasi, kontingen dari Batam sekitar
550 orang.

Disusul Karimun sekitar 500 orang dan hampir sama dengan Tanjungpinang serta Bintan. Sedangkan daerah lainnya di perkirakan di bawah jumlah itu.

Ia menuturkan, sebelum pembukaan pihaknya akan melaksanakan kirab obor. Para peserta pawai membawa obor dari Lapangan Sungai Carang, Bintan Center (Bincen)
menuju ke lokasi seremonial.

Dijadwalkan, rombongan akan berjalan mulai pukul 13.00 WIB, yang diperkirakan akan tiba di lapangan pukul 17.00 WIB. Sebelumnya, rombongan akan berhenti sebentar di Gedung Gonggong, Tepilaut. Bertepatan dengan usainya kata sambutan dari Gubernur Kepri, H Nurdin yang membuka acara.

”Usai Pak Nurdin menyampaikan kata sambutan maka sampai juga tim yang membawa obor. Kurang lebih seperti seremoni pembukaan Asian Games. Hanya saja, kita skala
lebih kecil dengan kontingen dari kabupaten-kota di Kepri,” paparnya.

Pihaknya sudah menyusun, dibarisan depan kirab obor diisi dengan kendaraan rider, dilanjutkan dengan mobil yang membawa moskot Porprov Kepri 2018, Paskibra, anggota
ikatan motor yang terdiri dari 50 atau 100 orang.

Dilanjutkan dengan beberapa kendaraan lain yang ditutup dengan mobil Dishub Kota Tanjungpinang.

”Jadi peserta pawai kirab obor nantinya tidak sepenuhnya berlari, ada yang menggunakan kendaraan namun berjalan slow menuju ke Lapangan Dewa Ruci,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Untuk diketahui, sehari sebelum pembukaan, Sabtu (24/11), pihaknya menyambut kontingen dari beberapa daerah di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Setelah itu, malam harinya dilanjutkan dengan gala dinner (malam ramah-tamah) di Hotel CK Tanjungpinang. Dijadwalkan, akan dihadiri Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, anggota DPRD Kepri Dapil Tanjungpinang bersama kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri.

Turut diundang, kepala daerah dari masing-masing kabupaten-kota di Kepri, Kepala FKPD tingkat Kepri, Kepala FKPD tingkat Tanjungpinang serta kepala OPD di lingkungan Tanjungpinang dan beberapa undangan lainnya.

Panitia juga mengundang, 30 orang perwakilan dari setiap kontingen kabupaten-kota, sudah termasuk tim ofisial dan pelatih.

Ia menuturkan, kontingen dari Anambas, dijadwalkan akan sampai terlebih dahulu. Diperkirakan, Senin (20/11) menggunakan kapal Pelni di Pelabuhan Kijang.

Terkait teknis pelaksanaan perlombaan, Djasman menuturkan, menjadi kewenangan panitia besar yaitu KONI Provinsi Kepri.

Sesuai hasil rapat, akan ada 27 cabor yang akan dipertandingkan, satu diantaranya dilaksanakan di Bintan dan sisanya di Tanjungpinang.

”Sesuai hasil keputusan rapat setiap pengurus provinsi diberikan dana Rp50 juga untuk
melaksanakan masing-masing cabor. Dana itu sudah untuk biaya sewa tempat, biaya juri dan lain-lain. Tidak termasuk hadiah,” ucapnya.

Dana tersebut bersumber dari APBD Provinsi Kepri yang dikelola KONI Provinsi Kepri.

Ia menuturkan, setelah itu, tugas tuan rumah yaitu mempersiapkan penutupan Porprov ke-IV 2018 yang dijadwalkan, 1 Desember 2018. Terkait tempat, sama dengan pembukaan, yaitu Lapangan Dewa Ruci.

Djasman mengharapkan dukungan dari semua elemen untuk mensukseskan ajang empat tahun sekali tersebut. Melalui kegiatan tersebut, meregenerasi para atlet dari berbagai cabor untuk kemajuan olahraga kedepannya. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here