Latih Anak Bintan ke BLK Bandung

0
242
BUPATI Bintan H Apri Sujadi membahas tentang ketenagakerjaan, belum lama ini. f-dokumen/tanjungpinang pos
Pemkab Bintan akan mengirim anak Bintan ke Balai Latihan Kerja (BLK) Bandung, untuk mengikuti keterampilan. Upaya ini dilakukan Pemkab Bintan, untuk menciptakan tenaga kerja yang siap bersaing di dunia kerja.

BINTAN – KEPALA Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bintan Indra Hidayat menjelaskan, pihaknya terus berkoordinasi ke sejumlah BLK kabupaten/kota di Indonesia, untuk meningkatkan SDM para pencaker di Bintan.

”Rencananya, tahap pertama tanggal 19 Agustus, kita akan mengirimkan 10 anak Bintan untuk mengikuti pelatihan teknik otomotif dan manufaktur, di BLK Bandung. Mereka ini tergolong pencari kerja (pencaker). Ke depannya, kita harapkan bisa mengirimkan lebih dari itu,” ujar Indra Hidayat, di ruang kerjanya, Rabu (7/8).

Nantinya, lanjut Indra, para peserta pelatihan akan mendapatkan berbagai fasilitas. Seperti transportasi gratis, penginapan, konsumsi, pelatihan hingga uang saku senilai Rp500 ribu. Program ini, merupakan bagian dari upaya Pemkab Bintan untuk mengurangi angka pengangguran. Sehingga anak Bintan bisa membuka usaha baru.

”Bagi yang telah memiliki keterampilan, kita harapkan juga bisa memberikan ilmunya untuk sesama,” tambahnya.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, pada dasarnya dirinya berharap agar masyarakat usia produktif yang mengikuti pelatihan di BLK Bandung ini, bisa memiliki daya saing di dunia kerja internasional.

Program melatih anak Bintan di BLK luar daerah ini, tambah bupati, proyeksi jangka menengah dan panjang, bagi Disnaker Bintan. Tentunya diutamakan bagi usia produktif. Dengan mengikuti pelatihan di BLK skala nasional yang ada di kabupaten/kota di Indonesia ini, tenaga kerja daerah bisa memanfaatkan kerja sama dengan perusahaan yang ada.

”Mereka yang lulus pelatihan, nantinya akan mendapatkan sertifikat kompetensi. Sehingga dapat memenuhi persyaratan, sebelum terjun di dunia usaha,” kata H Apri Sujadi. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here